ALVINA JAUHAROH, 12402183409 (2022) STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD SURYA MANALAGI DI KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (705kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (467kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UD Surya Manalagi di Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Alvina Jauharoh, NIM 12402183409, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi penjualan dan sistem promosi UD Surya Manalagi yang masih terbilang sederhana serta penerapannya sesuai dengan marketer syariah, sehingga diperlukan adanya rancangan pengembangan perusahaan kerupuk UD Surya Manalagi supaya sesuai dengan target yang diinginkan dan dapat meningkatkan penjualan setiap tahunnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi marketing yang digunakan UD Surya Manalagi dalam meningkatkan penjualan ? (2) Bagaimana penerapan strategi marketing syariah yang dilakukan UD Surya Manalagi ?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan dan memeriksa sebab-sebab suatu kejadian tertentu melalui pengamatan langsung dilapangan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mereduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah sehingga peneliti dapat melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu UD Surya Manalagi melakukan strategi marketing mix 4P: a) produk, dengan mengutamakan kualitas produk, b) harga, meliputi: harga yang terjangkau semua kalangan dan sesuai dengan tingkat kualitas bahan serta harga yang sesuai harga dipasaran, c) tempat, meliputi saluran distribusi baik secara langsung dan tidak langsung, d) promosi, belum adanya strategi promosi secara teratur dan konsisten, promosi yang digunakan menggunakan sistem dari mulut ke mulut (word of mouth). Dan penerapannya sesuai marketing syariah yang diterapkan UD Surya Manalagi : a) Robbaniyah, b) Akhlaqiyah, c) Al-Waqiyah, d) Al-Insaniyah. Secara keseluruhan UD Surya Manalagi menerapkan sifat Rasulullah SAW dengan tidak melakukan kecurangan dan menerapkan kejujuran dalam bisnisnya, serta memberikan sistem pembayaran yang mudah dan model penjualan “saur gowo”. Kata Kunci : Strategi Marketing Mix, Marketing Syariah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402183409 ALVINA JAUHAROH |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 03:52 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24830 |
Actions (login required)
View Item |