IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Multikasus pada Madrasah Ibtidaiyah YPSM Pare Kediri dan Sekolah Dasar Inklusi Pelangiku Jombang)

YUNI MASRIFATIN, 12501185052 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Multikasus pada Madrasah Ibtidaiyah YPSM Pare Kediri dan Sekolah Dasar Inklusi Pelangiku Jombang). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (585kB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Pendidikan Inklusi Berbasis Kearifan Lokal (Studi Multikasus pada Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Pesantren Sabilul Muttaqien Kediri dan Sekolah Dasar Inklusi Pelangiku Jombang)” oleh Yuni Masrifatin Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Kearifan lokal Pendidikan adalah hak seluruh warga negara indonesia, baik yang normal maupun yang memiliki kebutuhan khusus. Pemerintah memasilitasi rakyatnya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan secara merata. Pendidikan terpadu atau dapat disebut dengan pendidikan inklusi adalah sekolah regular yang menampung anak berkelainan dengan kurikulum, guru, sarana pengajaran, dan kegiatan belajar mengajarnya sama. Menyatukan seluruh jenis peserta didik dalam satu kelas tanpa deskriminasi adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Pendidikan inklusi dalam penelitian ini memuat fokus penelitian sebagai berikut 1. Bagaimana desain kurikulum pendidikan inklusi di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang?2. Bagaimana Penerapan pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang ?3. Bagaimana evaluasi pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang? 4. Mengapa di SD Pelangiku dan MI YPSM pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal?, Sedangkan tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan desain pendidikan inklusi di di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang. 2. Memaparkan penerapan pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang. 3. Menjelaskan evaluasi pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang. 4. Menjelaskan tentang SD Pelangiku dan MI YPSM pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif deskriptif dengan partisipasi mutlak pada peneliti. Data diambil dari informan atau sumberdata primer di antaranya : kepala sekolah, guru inklusi, guru regular, shadow, wali murid, dan petugas theraphys serta tenaga kependidikan kedua fokus. Peneliti melakukan observasi dan pengambilan data secara langsung ke lokasi penelitian, kemudian mengolah data yang ada serta menganalisis data yang di dapat kemudian, dikroscek dengan berbagai sumber baru setelah valid data baru di susun dalam desertasi ini. Desain pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di susun atas dasar rapat awal tahun bersama yayasan, kepala sekolah, dan semua guru ( FGD ). Dengan beberapa pokok pembahasan yaitu penentuan guru regular, guru inklusi serta guru pendamping (shadow) dengan regulasi yang jelas dalam hal jam mengajar dan tugas tugasnya secara detail bersama tugas tambahan. Implementasi pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal, dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan perencanaan pembelajaran yang meliputi penentuan SKL, SK, KD, dan KI, KKM, silabus RPP, serta instrumen lainnya. Evaluasi Pendidikan Inklusi berbasis kearifan lokal dilaksanakan sesuai instrument yang ada dengan rentan waktu yang telah di tetapkan, yaitu untuk peserta didik regular maupun peserta didik berkebutuhan khusus. bisa berupa tes tulis, tes lisan, maupunn penugasan proyek. Penggunaan kearifan lokal menjadi religius karena berada dilingkungan pesantren hal ini menjadikan kedua lembaga tersebut bernuansa pesantren

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Sekolah Inklusi
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185052 YUNI MASRIFATIN
Date Deposited: 02 Mar 2022 05:54
Last Modified: 02 Mar 2022 05:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24867

Actions (login required)

View Item View Item