YUNI MASRIFATIN, 12501185052 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Multikasus pada Madrasah Ibtidaiyah YPSM Pare Kediri dan Sekolah Dasar Inklusi Pelangiku Jombang). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (373kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (585kB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Pendidikan Inklusi Berbasis Kearifan Lokal (Studi Multikasus pada Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Pesantren Sabilul Muttaqien Kediri dan Sekolah Dasar Inklusi Pelangiku Jombang)” oleh Yuni Masrifatin Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Kearifan lokal Pendidikan adalah hak seluruh warga negara indonesia, baik yang normal maupun yang memiliki kebutuhan khusus. Pemerintah memasilitasi rakyatnya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan secara merata. Pendidikan terpadu atau dapat disebut dengan pendidikan inklusi adalah sekolah regular yang menampung anak berkelainan dengan kurikulum, guru, sarana pengajaran, dan kegiatan belajar mengajarnya sama. Menyatukan seluruh jenis peserta didik dalam satu kelas tanpa deskriminasi adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Pendidikan inklusi dalam penelitian ini memuat fokus penelitian sebagai berikut 1. Bagaimana desain kurikulum pendidikan inklusi di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang?2. Bagaimana Penerapan pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang ?3. Bagaimana evaluasi pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang? 4. Mengapa di SD Pelangiku dan MI YPSM pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal?, Sedangkan tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan desain pendidikan inklusi di di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang. 2. Memaparkan penerapan pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang. 3. Menjelaskan evaluasi pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di MI YPSM Kediri dan SD Pelangiku Jombang. 4. Menjelaskan tentang SD Pelangiku dan MI YPSM pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif deskriptif dengan partisipasi mutlak pada peneliti. Data diambil dari informan atau sumberdata primer di antaranya : kepala sekolah, guru inklusi, guru regular, shadow, wali murid, dan petugas theraphys serta tenaga kependidikan kedua fokus. Peneliti melakukan observasi dan pengambilan data secara langsung ke lokasi penelitian, kemudian mengolah data yang ada serta menganalisis data yang di dapat kemudian, dikroscek dengan berbagai sumber baru setelah valid data baru di susun dalam desertasi ini. Desain pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal di susun atas dasar rapat awal tahun bersama yayasan, kepala sekolah, dan semua guru ( FGD ). Dengan beberapa pokok pembahasan yaitu penentuan guru regular, guru inklusi serta guru pendamping (shadow) dengan regulasi yang jelas dalam hal jam mengajar dan tugas tugasnya secara detail bersama tugas tambahan. Implementasi pendidikan inklusi berbasis kearifan lokal, dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan perencanaan pembelajaran yang meliputi penentuan SKL, SK, KD, dan KI, KKM, silabus RPP, serta instrumen lainnya. Evaluasi Pendidikan Inklusi berbasis kearifan lokal dilaksanakan sesuai instrument yang ada dengan rentan waktu yang telah di tetapkan, yaitu untuk peserta didik regular maupun peserta didik berkebutuhan khusus. bisa berupa tes tulis, tes lisan, maupunn penugasan proyek. Penggunaan kearifan lokal menjadi religius karena berada dilingkungan pesantren hal ini menjadikan kedua lembaga tersebut bernuansa pesantren
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan > Sekolah Inklusi |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12501185052 YUNI MASRIFATIN |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 05:54 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 05:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24867 |
Actions (login required)
View Item |