Analisis Perkembangan Koseptual Siswa dalam Memahami Konsep Tinggi Segitiga

Syaiful Hadi, 197711032011011007 (2016) Analisis Perkembangan Koseptual Siswa dalam Memahami Konsep Tinggi Segitiga. PROSIDING “Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Tantangan Pengembangan Kurikulum Matematika”, 1 (1). CV. Bintang Sejahtera, Malang. ISBN 978-602-1150-19-1

[img] Text
(pp. 968-1139) makalah prosiding SNPMUM 6-halaman-122-131,173.pdf

Download (538kB)

Abstract

Proses pembentukan pengetahuan yang dilakukan oleh siswa didasarkan pada pengetahuan awal yang mereka miliki. Pengetahuan awal yang mereka miliki sangat bervariasi, bisa mendukung atau menjadi penghambat dalam memahami konsep baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan konseptual siswa dalam memahami konsep tinggi segitiga dengan menggunakan pendekatan perubahan konseptual model Posner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data yang dikumpulkan meliputi lembar kuesioner dan transkrip wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan konseptual siswa bisa dikategorikan menjadi dua jenis: pertama, siswa tidak memiliki konseptual awal yang benar. Melalui diskusi saat wawancara secara bertahap dan berulang-ulang pemahaman siswa menuju lebih sempurna. Status konseptual siswa ini berada pada kondisi plausible, intelligible, dan dissatisfaction. Kedua, siswa yang telah memiliki konseptual awal yang benar tentang tinggi segitiga, tapi belum sempurna. Status konseptual siswa ini berada pada kondisi plausible, dan fruitfull

Item Type: Book
Subjects: Matematika
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. 197711032011011007 Syaiful Hadi
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:25
Last Modified: 11 Apr 2023 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24877

Actions (login required)

View Item View Item