PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SAC (SMART APPS CREATOR) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG

EVI LIA PURNAMASARI, 12506194022 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SAC (SMART APPS CREATOR) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis SAC (Smart Apps Creator) Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung”, ditulis oleh Evi Lia Purnamasari dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd dan Prof. Dr. Sokip, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Smart Apps Creator, Fikih Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuham media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring akibat adanya covid-19. Media yang dibutuhkan tentunya yang menarik dan praktis. Sehingga dapar membuat peserta didik termotivasi selama belajar dan akan berdampak pada perolehan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Apakah Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fikih untuk Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? 2. Apakah Penampilan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research an Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Model ini terdiri dari lima langkah yaitu Analisys, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menentukan hasil belajar ranah kognitif adalah tes dan motivasi belajar adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran menunjukkan bahwa: 1. Hasil belajar dengan uji Independent Sample T-test menunjukkan siginfikansi adalah 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05. Artinya pada hasil belajar peserta didik ranah kognitif terdapat pengaruh yang signifikan setelah pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis SAC (Smart Apps Creator). Hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis SAC (Smart Apps Creator) dengan mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar dari 78,1 menjadi 98,8. 2. Motivasi belajar dengan uji Independent Sample T-test menunjukkan siginfikansi adalah 0,017. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05. Artinya motivasi belajar peserta didik terdapat pengaruh yang signifikan setelah proses pembelajaran. Motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen menjadi lebih baik setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis SAC (Smart Apps Creator) dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194022 EVI LIA PURNAMASARI
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:23
Last Modified: 14 Feb 2022 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24894

Actions (login required)

View Item View Item