UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

SARI, ERIKE REGITA (2015) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III,IV,V.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Erike Regita Sari, NIM. 3211113008, Pembimbing Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Upaya,Kemampuan, Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu pentingnya membaca Al-Qur’an dan memiliki kemampuan dalam baca tulis Al-Qur’an, namun pada realitanya di sekolah banyak dijumpai siswa yang kurang mampu bahkan belum mampu dalam baca tulis Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti membahas tentang upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2014/2015? (2) Apa saja factor pendukung upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2014/2015? (3) Apa saja factor penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2014/2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemkemampuan dalam baca tulis Al-Qur’an. Bagi siswa SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung untuk memotivasi dirinya sendiri supaya terus membiasakan diri dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta meningkatkan kemampuan dalam baca tulis Al-Qur’an. Bagi pampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X dan faktor-faktor yang mendukung serta faktor-faktor penghambat upaya untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung sebagai acuan untuk mengambil kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, bagi para guru PAI SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk memberikan motivasi kepada peserta didik dalam hal pentingnya membaca Al-Qur’an dan memiliki ara pembaca/peneliti lain sebagai bahan referensi dalam perumusan desain penelitian selanjutnya. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk pengumpulan data dengan cara mengamati objekpenelitian. Metode wawancara digunakan untuk pengumpulan data dengan cara menggali data melalui informan. Metode dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data dengan cara mencari data atau informasi yang telah dicatat atau dengan cara foto ketika observasi dan wawancara. Hasil penelitian adalah upaya-upaya guru untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an adalah dengan memberikan motivasi, menumbuhkan minat, pendekatan individual, penerapan metode yang efektif, memberikan tugas/PR untuk siswa berlatih dan memberikan jam tambahan. Adapun faktor-faktor pendukung adalah adanya motivasi dari guru, adanya latihan, sarana seperti Al-Qur’an, tempat ibadah dan LCD. Sedangkan factor penghambat yaitu siswa yang malas dan kurang semangat dalam belajar baca tulis Al-Qur’an, kurangnya motivasi, sarana seperti Al-Qur’an yang belum mencukupi untuk satu kelas, belum semua kelas terpasang LCD, dan keterbatasan waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ERIKE REGITA SARI
Date Deposited: 13 Oct 2015 02:42
Last Modified: 13 Oct 2015 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item