PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA SENDANG TULUNGAGUNG

BINTI CHOIROTUL BADRYYAH, 17205163300 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA SENDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kemandirian Siswa MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Choirotul Badryyah, NIM. 17205163300 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Bapak Prof. Dr. H. Munardji, M. Ag. selaku dosen pembimbing skripsi. Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Kemandirian siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh terdapat keluarga yang kurang memberikan perhatian kepada anak sebagai bagian dari peserta didik, terdapat ketimpangan antara perhatian orang tua terhadap tingkat kemandirian anak sebagai individu, dan terdapat peserta didik yang tingkat kemandiriannya relatif kurang dalam melakukan aktivitas individual secara mandiri. Dengan demikian diperlukan adanya pembatasan penelitian tentang pengaruh lingkungan keluarga terhadap keberhasilan menciptakan kemandirian siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung dan analisa besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap keberhasilan menciptakan kemandirian siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian emosional siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian perilaku siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung? (3) Seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian emosional dan kemandirian perilaku siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian emosional siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian perilaku siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian emosional dan perilaku siswa di MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas tinggi (IV, V, VI) MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan Uji F. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kemandirian emosional, hal ini dapat dilihat dari signifikansi lingkungan keluarga sebesar 0,619 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Dan dapat diketahui bahwa Lingkungan Keluarga mempunyai nilai thitung = 3,346 > ttabel = 2,100 dengan tingkat signifikan sebesar 0,004 < 0,05, dapat juga dilihat dari koefesien determinasi lingkungan keluarga sebesar 0,383 maka dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kemandirian perilaku, hal ini dapat dilihat dari signifikansi lingkungan keluarga sebesar 0,642 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Dan dapat diketahui bahwa Lingkungan Keluarga mempunyai nilai thitung = 3,557 > ttabel = 2,100 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 < 0,05, dapat juga dilihat dari koefesien determinasi lingkungan keluarga sebesar 0,413 maka dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya kontribusi (sumbangan) variabel X (Lingkungan Keluarga) terhadap variabel Y1 (Kemandirian Emosional) sebesar 38,3%. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) antara lingkungan keluarga dengan kemandirian emosional siswa yang bernilai 0,383. dan besarnya kontribusi (sumbangan) variabel X (Lingkungan Keluarga) terhadap variabel Y2 (Kemandirian Perilaku) sebesar 41,3%. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) antara lingkungan keluarga dengan kemandirian emosional siswa yang bernilai 0,413.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: choirotul binti
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:44
Last Modified: 14 Feb 2022 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24901

Actions (login required)

View Item View Item