STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MIN 11 BLITAR

ULVA HAZIMATUNNABILA, 12205173324 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menerapkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami Peserta Didik MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Ulva Hazimatunnabila, NIM.12205173324, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd Kata kunci: Strategi Guru, Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan nilai-nilai pendidikan karakter Islami bagi peserta didik sejak dini. Hal ini dikarenakan dekadensi moral peserta didik yang cukup mengkhawatirkan, meningkatnya bentuk kenakalan di lingkungan Madrasah seperti kekerasan (bullying), kecenderungan dominasi senior terhadap junior dan minimnya peserta didik peduli terhadap lingkungannya. Sehingga diperlukan penanganan khusus yang dijadikan sebagai langkah preventif untuk hal itu Madrasah sebagai tempat mencari ilmu tentu memberikan peran yang cukup berpengaruh terhadap meningkatnya dekadensi moral tersebut. Namun, dalam menghadapi situasi itu pasti dibutuhkan langkah-langkah khusus untuk melakukannya. Guru sebagai tenaga pendidik professional tentunya akan memiliki strategi khusus terhadap penerapan pendidikan karakter Islami dalam Madrasah. Esensi nilai-nilai pendidikan karakter Islami di Madrasah terdiri dari nilai Ketuhanan, nilai Budaya, dan nilai Nasionalisme. Penerapannya dapat melalui progam madrasah ataupun kegiatan yang lain. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter islami nilai Ketuhanan untuk menumbuhkan kualitas disiplin ibadah peserta didik di MIN 11 Blitar? (2) Bagaimana strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter islami nilai Budaya untuk meningkatkan sikap cinta lingkungan peserta didik di MIN 11 Blitar? (3) Bagaimana strategi guru dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter islami membangun jiwa Nasionalisme peserta didik di MIN 11 Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter islami nilai Ketuhanan untuk menumbuhkan kualitas disiplin ibadah peserta didik di MIN 11 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter islami nilai Budaya untuk meningkatkan sikap cinta lingkungan peserta didik di MIN 11 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter islami membangun jiwa Nasionalisme peserta didik di MIN 11 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan ketekunan pengamatan. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap lapangan dan tahap pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang dimiliki guru dalam menerapkan nilai Ketuhanan untuk menumbuhkan kualitas disiplin ibadah peserta didik adalah melalui progam Budaya Madrasah yaitu progam pembiasaan religious berupa kegiatan pembiasaan sholat dhuha dan doa bersama sebelum kelas dimulai dan melalui Integrasi nilai Ketuhanan pada RPP. (2) Strategi yang dimiliki guru dalam menerapkan pendidikan karakter Islami nilai Budaya untuk meningkatkan sikap cinta lingkungan peserta didik adalah melalui progam Budaya Madrasah yaitu progam cinta lingkungan bersih dengan melakukan menyimpan sampah pribadi untuk dibuang di rumah masing-masing. (3) Strategi yang dimiliki guru dalam menerapkan niali-nilai pendidikan karakter islami membangun jiwa Nasionalisme peserta didik adalah melalui kegiatan literasi sejarah Nasional dan daerahdi hari sabtu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173324 ULVA HAZIMATUNNABILA
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:04
Last Modified: 21 Feb 2022 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24913

Actions (login required)

View Item View Item