STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK AL-KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

UMU ROZIQOH, 17201163048 (2021) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK AL-KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembinaan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Ummu roziqoh, NIM. 17206163017, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, 2020. Dosen Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M. Pd. Kata Kunci: Strategi, Akhlak Al-Karimah, Pembinaan Menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia merupakan salah satu poin yang ada didalam tujuan pendidikan nasional. Dalam membantu mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia sekolahpun berupaya mengaplikasikan teori yang ada dalam pendidikan Agama melalui kegiatan keagamaan. MTs Darul Falah, adalah sebuah lembaga pendidikan berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren yang menerapkan prinsip-prinsip, dan nilai pesantren ke dalam seluruh aktivitasnya, salah satunya adalah penekanan pada akhlaqul karimah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul, “Strategi Pembinaan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana langkahlangkah pembinaan akhlak al-karimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peran warga madrasah dalam pembinaan akhlak al-karimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Apa saja hal-hal yang mendukung dan menghambat dalam pembinaan akhlak al-karimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada para warga madrasah di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah pembinaan akhlak al-karimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah memberikan materi melalui sela-sela pembelajaran, memberikan arahan untuk melakukan hal-hal positif, dan baik yang mereka lakukan serta menghidari hal-hal yang negatif dan kurang baik, memberikan keteladanan perilaku terpuji atau akhlakul karimah kepada peserta didik, mengarahkan siswa untuk membiasakan berperilaku terpuji, serta agar disiplin dalam melakukan ketaatan beribadah. (2) Peran warga madrasah dalam pembinaan akhlak al-karimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung sebagai pemberi motivasi dalam melakukan kebaikan dan menghindari perilaku yang kurang baik, pemberi inisiatif untuk mengarahkan peserta didik kepada perilaku yang baik dan terpuji dan menjelaskan dampak dari perbuatan tersebut, serta bertugas membimbing, mendampingi, dan mengawasi peserta didik untuk melakukan aktivitas, dan program yang telah ditetapkan di sekolah. (3) Hal-hal yang mendukung dalam pembinaan akhlak alkarimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah motivasi guru, kerja sama yang baik antar orang tua, monitoring perilaku peserta didik, dan komunikasi yang baik antar peserta didik, dan lembaga pendidikan, sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan budaya sekolah yang mendukung, kerjasama guru yang baik. Sedangkan hal-hal yang menghambat dalam pembinaan akhlak al-karimah peserta didik antara lain adalah para siswa yang malas mengikuti program yang ditetapkan oleh madrasah, beberapa peserta didik yang tidak mau mengikuti anjuran dan himbauan yang diarahkan oleh warga sekolah serta para tenaga kependidikan yang kurang aktif menjalankan program tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163048 UMU ROZIQOH
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:10
Last Modified: 21 Feb 2022 06:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24982

Actions (login required)

View Item View Item