PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI AL-HUDA DESA SELODONO KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI

PUTRI MASLAMAH, 12205173203 (2021) PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI AL-HUDA DESA SELODONO KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Kegiatan Keagamaan Peserta Didik di MI Al-Huda Desa Selodono Keacamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Putri Maslamah, NIM 12205173203, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Nilai karakter religius, kegiatan keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan keagamaan yang merupakan salah satu cara dalam penanaman nilai karakter religius peserta didik, sehingga peserta dididk selain memiliki potensi yang unggul di bidang akademik akantetapi juga memiliki karakter atau keperibadian yang luhur sesuai dengan karakter islami. Dalam hal ini, kegiatan keagamaan yang diadakan oleh madrasah guna menitikberatkan keaktifan serta keikut sertaan siswa dalam proses kegiatan secara aktif. Peserta didik akan mengamalkan ajaran agamanya secara nyata serta memiliki pengalaman langsung agar dapat meyakini adanya ajaran agama yang harus diyakininya. Oleh karena itu, faktor adanya penerimaan kegiatan penanaman nilai karakter religius ini adalah adanya kegiatan rutinan yang dilaksanakan setiap hari meskipun di masa pandemi seperti saat ini seperti kegiatan salat dhuha, tadarus al-Qur’an serta infaq. Dengan demikian, melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan karakter religius dapat ditanamkan kepada peserta didik, sehingga dapat menjadi peserta didik yang unggul, berkarakter, dan bermartabat. Fokus penelitian : (1). Bagaimana penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan keagamaan salat dhuha peserta didik di MI Al-Huda Desa Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? (2). Bagaimana penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan keagamaan tadarus al-Qur’an peserta didik di MI Al-Huda Desa Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? (3). Bagaimana penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan keagamaan infaq peserta didik di MI Al-Huda Desa Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana peneliti akan menyelidiki keadaan, kondisi dan situasi dan hasilnya akan berbentuk laporan yang berlokasi di MI Al-Huda Desa Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan tehnik analisis mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data temuan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkat ketekunan, triangulasi, melibatkan teman sejawat dan tahap-tahap penelitian tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data. Hasil penelitian skripsi ini adalah : (1) penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan keagamaan salat dhuha merupakan kegiatan dibidang pelaksanaan salat. Penanaman nilai karakter religius pada salat dhuha terdapat dalam pelafalan bacaan dan pembiasaan pelaksanaan kegiatan salat dhuha. Sehingga dapat melatih pelafalan bacaan salat agar peserta didik mengetahui dan memahami isi dari bacaan salat serta melatih pembiasaan dan nilai tangung jawab. Kegiatan ini dilakukan setiap hari pada saat sebelum pembelajaaran berlangsung yang dipimpin oleh guru kelas masing-masing. Sehingga pembiasaan dan rasa tangung jawab dapat dilatih dan ditanamkan. (2) penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan tadarus al-Qur’an merupakan kegiataan dalam bidang seni al-Qur’an. Penanaman nilai karakter religius pada tadarus al-Qur’an terdapat pada cara membaca yang dapat meningkatkan kualitas bacaan sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap kalam-kalam al-Qur’an serta dengan membaca setiap hari peserta didik akan menghafal ayat maupun surat dalam al-Qur’an. (3) penanaman nilai karakter religius memalui kegiatan infaq merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang saku peserta didik untuk diberikan atau dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Penaaman nilai karakter religius melalui kegiatan keagamaan infaq sebagai salah satu bentuk penanaman karakter religius yang diberikan oleh guru untuk perduli terhadap sesame dan meyakini bahwa sebagian yang kita miliki terdapat hak milik orang lain. Dalam hal ini dapat menumbuhkan sifat ikhlas, jiwa sosial yang tinggi serta menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173203 PUTRI MASLAMAH
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:19
Last Modified: 22 Feb 2022 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24992

Actions (login required)

View Item View Item