MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Multisitus di MTs Darul Hikmah Tulungagung dan MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar)

ETI ROHMAWATI, 12501175007 (2022) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Multisitus di MTs Darul Hikmah Tulungagung dan MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Disertasi berjudul Manajemen Mutu Pembelajaran dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Multisitus di MTs Darul Hikmah Tulungagung dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar) yang disusun oleh Eti Rohmawati dengan promotor Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag., dan Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen mutu pembelajaran, Keunggulan Kompetitif. Pembelajaran yang berkualitas adalah factor utama dalam mendorong kemajuan pendidikan. Pendidikan yang bermutu akan di pilih oleh masyarakat, mereka tidak lagi memilih lembaga dengan hanya bersifat emosional dan mengandalkan primordialisme tetapi juga kerasionalan dan mempertimbangkan prospek masa depan anak didiknya. Selama ini, lembaga pendidikan Islam hanya dipandang sebelah mata dan menempati pada “kasta kedua”. Akan tetapi, MTs Darul Hikmah Tulungagung dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar mampu memberikan pelayanan pembelajaran yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan stakeholder sehingga mampu memiliki prestasi,memiliki keunggulan, serta memiliki kepercayaan di tengah masyarakat. Focus penelitian ini mengkaji manajemen mutu pembelajaran madrasah dalam meningkatkan lembaga yang unggul dan berprestasi, mempertahankan dan mengembangkannya secara terus menerus. Pertanyaan penelitiannya adalah: (1) Bagaimana perencanaan mutu pembelajaran (2) Bagaimana pelaksanaan mutu pembelajaran (3) Bagaimana pengendalian mutu pembelajaran dan 4) Bagaimana perbaikan mutu pembelajaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif di MTs Darul Hikmah Tulungagung dan MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar? Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan serta, teknik telaah dokumen. Data diperiksa dan dilakukan kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan prinsip kredibilitas, transferabilitas, dependabiltas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua situs melaksanakan kolaborasi pembelajaran formal dan pesantren. Manajemen mutu pembelajaran dikedua situs dalam meningkatkan keunggulan kompetitifnya keunggulan kompetitif lembaga pendidikan Islam berbasis pada mutu pembelajaran secara administratif dan substantif. Dari keunggulan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan perbaikan mutu pembelajaran yang memiliki keunggulan membentuk generasi muslim yang berilmu dan amal shalih, dimensi filosofis ilahiyah dan pembentukan karakter muslim yang kuat serta sosiokultur yang menyertai perubahan sosial dan tekhnologi untuk siswa bisa berkompetisi di masyarakat. Dengan terlaksananya kolaborasi yang berdasarkan nilai religius dan peningkatan prestasi akademik dan non akademik secara internal lembaga, secara eksternal akan meningkatkan pandangan positif dari masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat ke lembaga tersebut.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr 12501175007 Eti Rohmawati
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:06
Last Modified: 01 Mar 2023 05:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25029

Actions (login required)

View Item View Item