RIZQY RIZAL FANANI, 12505194020 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (889kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MIN 7 Tulungagung”, ditulis oleh Rizqy Rizal Fanani dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi android, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi pembelajaran berbasis membaca buku yang beberapa kurun waktu terakhir mengalamin penurunan, karena Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat telah berpengaruh di berbagai bidang kehidupan masyarakat apa lagi untuk generasi milenial. Generasi saat ini lebih suka menggunaan gadged daripada membaca buku. Faktor rendahnya minat baca memberi andil pula terhadap rendahnya kualitas sumber daya manusia, padahal memasuki abad-21 tantangan pendidikan semakin berat dalam menyiapkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global. Pendidikan adalah salah satu cara untuk memperbaiki sumber daya manusia agar bisa bersaing diera global. Pembelajaran yang selama ini bergantung pada buku, penggunaan metode ceramah perlu dilakukan perubahan, dan penggunaan media pembelajaran agar proses belajar peserta didik lebih menarik dan termotivasi belajar. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android ini dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran peserta didik. Kelebihan media berbasis aplikasi android ini mudah dioperasikan dan video memuat tulisan, vidio serta kuis. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bab Isra’ Mi’raj kelas IV di MIN 7 Tulungagung yang valid dan efektif? 2. Bagaimana Efektivitas media Pembelajaran Berbasis Android terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di bab Isra’ Mi’raj kelas IV MIN 7 Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian inia adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D. Model ini terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu define, design, development, dan disseminate. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV di MIN 7 Tulungagung. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menentukan hasil belajar adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa : 1. Produk media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan rata rata validasi ahli materi dan ahli media dengan presentase 91,1% dan 86,7% dengan kriteria “sangat layak”. Media yang dikembangkan dinyatakan efektif berdasarkan hasil rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media 65,7 dan setelah menggunakan media 73,1. 2. Hasil Independent Sampe T-test menunjukkan sig (2-tailed) adalah 0.017. Nilai tersebut kurang dari 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan setelah proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik lebih baik setelah menggunakan media berbasis aplikasi android.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 12505194020 RIZQY RIZAL FANANI |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 01:10 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 01:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25037 |
Actions (login required)
View Item |