IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN DAN KELANCARAN BACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM AN-NUUR BOLOREJO KAUMAN TULUNGAGUNG

ERDANIS FIDARI NURHAYATI SILMI, 12201173030 (2021) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN DAN KELANCARAN BACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM AN-NUUR BOLOREJO KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kefasihan dan Kelancaran Baca Al-Qur’an Siswa SD Islam An-Nuur Bolorejo Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Erdanis Fidari Nurhayati Silmi, NIM. 12201173030, pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci : Metode Tilawati, Kefasihan Baca, Kelancaran Baca Penilitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode konvensional dalam berbagai pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode konvensional dianggap sudah tidak efisien lagi digunakan. Siswa cenderung cepat bosan karena metode konvensional membutuhkan waktu yang cukup lama dan bersifat monoton. Jika metode konvensional masih terus digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif untuk siswa. Berangkat dari hal tersebut diperlukan penggunaan metode baru yaitu metode tilawati untuk meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa. Fokus Penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An�Nuur Bolorejo? (2) Bagaimana pelaksanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-Nuur Bolorejo,? (3) Bagaimana evaluasi metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-Nuur Bolorejo? Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian inti dilaksanakan adalah: (1) Mengetahui perencanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-nuur Bolorejo, (2) Mengetahui pelaksanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-nuur Bolorejo. (3)Mengetahui evaluasi metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al�Qur’an siswa SD Islam An-nuur Bolorejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini teknik penelitian data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan implementasi metode tilawati dimulai dari rapat dengan wali murid, melaksanakan pelatihan guru, membuat jadwal, dan menata kelas membentuk huruf U (2) Pelaksanaan implementasi metode tilawati dengan tiga tahap, pembukaan dengan membaca do’a, kegiatan inti dengan pendekatan klasikal dan baca simak, kegiatan penutup dengan do’a kafaratul majlis (3) Terdapat tiga evaluasi individu dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati yaitu pre test, evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. Dengan evaluasi individu, kualitas kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa benar-benar diperhitungkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173030 Erdanis Fidari
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:23
Last Modified: 01 Mar 2022 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25075

Actions (login required)

View Item View Item