ERDANIS FIDARI NURHAYATI SILMI, 12201173030 (2021) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN DAN KELANCARAN BACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM AN-NUUR BOLOREJO KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (755kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (239kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kefasihan dan Kelancaran Baca Al-Qur’an Siswa SD Islam An-Nuur Bolorejo Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Erdanis Fidari Nurhayati Silmi, NIM. 12201173030, pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci : Metode Tilawati, Kefasihan Baca, Kelancaran Baca Penilitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode konvensional dalam berbagai pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode konvensional dianggap sudah tidak efisien lagi digunakan. Siswa cenderung cepat bosan karena metode konvensional membutuhkan waktu yang cukup lama dan bersifat monoton. Jika metode konvensional masih terus digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif untuk siswa. Berangkat dari hal tersebut diperlukan penggunaan metode baru yaitu metode tilawati untuk meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa. Fokus Penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An�Nuur Bolorejo? (2) Bagaimana pelaksanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-Nuur Bolorejo,? (3) Bagaimana evaluasi metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-Nuur Bolorejo? Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian inti dilaksanakan adalah: (1) Mengetahui perencanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-nuur Bolorejo, (2) Mengetahui pelaksanaan metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa SD Islam An-nuur Bolorejo. (3)Mengetahui evaluasi metode tilawati dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca Al�Qur’an siswa SD Islam An-nuur Bolorejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini teknik penelitian data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan implementasi metode tilawati dimulai dari rapat dengan wali murid, melaksanakan pelatihan guru, membuat jadwal, dan menata kelas membentuk huruf U (2) Pelaksanaan implementasi metode tilawati dengan tiga tahap, pembukaan dengan membaca do’a, kegiatan inti dengan pendekatan klasikal dan baca simak, kegiatan penutup dengan do’a kafaratul majlis (3) Terdapat tiga evaluasi individu dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati yaitu pre test, evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. Dengan evaluasi individu, kualitas kefasihan dan kelancaran baca Al-Qur’an siswa benar-benar diperhitungkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173030 Erdanis Fidari |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 03:23 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25075 |
Actions (login required)
View Item |