FITRILIA ULINUHA, 17207163009 (2020) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SRENGAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (791kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat” ini ditulis oleh Fitilia Ulinuha, NIM. 17207163009, jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag., NIP. 19751211 200212 2 001. Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Budaya Literasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi pada peserta didik, dimana berdasarkan UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 4 ayat 5 juga dijelaskan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. Dengan demikian pendidikan mempunyai arti penting dalam menumbuhkan budaya literasi, dan melalui budaya literasi yang dikembangkan di lembaga pendidikan juga dapat membantu mencapai tujuan pendidikan. Peneliti menyoroti salah satu sekolah yang cukup responsif dalam menumbuh kembangkan budaya literasi pada peserta didik, yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Srengat, Blitar. Maka dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengangkat tema strategi Kepala Sekolah meningkatkan budaya literasi di SMAN 1 Srengat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana formulasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat?; 2) Bagaimana implementasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat?; 3) Bagaimana evaluasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1 ) untuk mengetahui bagaimana formulasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat Blitar. 2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di Sekolah Menengah Atas negeri 1 Srengat Blitar. 3). Untuk mengetahui bagaimana evaluasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Budaya Litersi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi naturalistik. Lokasi penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat, Blitar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya Kepala Sekolah, waka kurikulum, kepala perpustakaan, wali kelas, dan guru. Uji keabsahan data menggunakan validasi internal, validasi eksternal, uji reliabilitas dan objektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Srengat Blitar dalam proses formulasinya dengan melakukan analisis internal dan eksternal melalui perencanaan yang dibuat diawal tahun ajaran baru yang terdiri dari rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek, membuat panitia/teamwork untuk mengatur proses berjalannya program budaya literasi, mengadakan peningkatan sarana dan prasarana guna untukmenunjang proses budaya literasi. 2) Dalam implementasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat dimulai dengan kegiatan literasi religius dengan membaca kitab suci agama masing-masing selama 15 menit sebelum masuk jam pelajaran pertama. Selain itu pada semua mata pelajaran terdapat kegiatan literasi yang tertera pada RPP dengan memberikan waktu 10 menit pada peserta didik untuk melakukan literasi pada materi yang akan diajarkan. Dan juga terdapat program budaya literasi bulanan, yaitu one month one book (satu bulan satu buku), jadi dalam satu bulan siswa harus mrmbaca dan mereview minimal satu buku dengan tema buku bebas. 3) evaluasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di SMA Negeri 1 Srengat Blitar dilakukan setiap hari oleh Kepala Sekolah melalui kunjungan didalam kelas maupu lewat wali kelas. Dan disamping itu Kepala Sekolah juga mengadakan evaluasi rutin sebulan sekalli dan juga setiap akhir semester bersama seluruh unsur Kepala Sekolah, guru, serta pegawai perpustakaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Bahasa Dan Sastra > Literasi Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163009 FITRILIA ULINUHA |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 02:23 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25092 |
Actions (login required)
View Item |