Mar’atus, Sholikhah (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa MA At-Thohiriyah Ngantru Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
BAB 1-5.pdf Download (966kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (725kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Kecerdasan emosional (EQ), kemandirian belajar, hasil belajar matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa keberhasilan dalam belajar siswa di sekolah tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual, tetapi juga dipengaruhi oleh factor lain seperti kecerdasan emosional. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar matematika siswa MA At-Thohiriyah Ngantru tahun pelajaran 2013/2014. (2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa MA At-Thohiriyah Ngantru tahun pelajaran 2013/2014. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sumber data berasal dari seluruh siswa kelas XI-A semester genap MA At-Thohiriyah Ngantru tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data (1) Tes, (2) Angket, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan dari analisis data didapatkan: (1) Pada rumusan masalah pertama diperoleh nilai rhitung = 0,699 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,423 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian rhitung > rtabel atau 0,699>0,423 akibatnya H0 ditolak dan Ha diterima. Diterimanya hipotesis alternative menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian belajar siswa MA At-Thohiriyah Ngantru tahun pelajaran 2013/2014. (2) Pada rumusan masalah kedua diperoleh nilai rhitung = 0,512 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,423 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian rhitung > rtabel atau 0,512>0,423 akibatnya H0 ditolak dan Ha diterima. Diterimanya hipotesis alternative menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar matematika siswa MA At-Thohiriyah Ngantru tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 02:56 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 02:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/251 |
Actions (login required)
View Item |