ROIBAH, UMI (2008) EFEKTIFITAS METODE KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS 2 D MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
b4.rtf Download (980kB) |
|
Text
B5.doc Download (36kB) |
|
Text
Bab 2 Umi Roibah.doc Download (142kB) |
|
Text
Bab 3 Umi Roibah.rtf Download (117kB) |
|
Text
Bab 4 Umi Roibah.doc Download (215kB) |
|
Text
covert as.doc Download (307kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (38kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Efektifitas Metode Kooperatif Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas 2 D MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung“ ini ditulis oleh Umi Roibah, Pendididikan Agama Islam (PAI), NIM: 3211043082 Tahun 2008 dibimbing oleh Drs. H. Siswadi, M. Pd Kata Kunci: Metode Kooperatif, Aqidah Akhlaq Latar Belakang Masalah: Pendidikan agama Islam ini bertujuan untuk membentuk perilaku dan kepribadian individu sesuai dengan prinsip dan konsep Islam dalam mewujudkan nilai-nilai moral dan agama sebagai landasan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kreatif, demokratif, kolaboratif dan konstruktif, salah satunya dengan pengembangan metode kooperatif Rumusan Masalah: 1) Bagaimana efektifitas hasil belajar dalam penggunaan metode kooperatif pada proses pembelajaran akidah akhlak di kelas 2 D MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana respon serta kinerja sikap minat siswa dalam penggunaan metode kooperatif dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas 2 D MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung?, 3) Seberapa besar efektifitas penggunaan metode kooperatif dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas 2 D MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung? Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui efektifitas hasil belajar dalam penggunaan metode kooperatif pada proses pembelajaran akidah akhlak di kelas 2 D MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung, 2) Untuk mengetahui respon kinerja sikap minat siswa dalam penggunaan metode kooperatif dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas 2 D MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung, 3) Untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan metode kooperatif dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas 2 D MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Metode Penelitian: (1). Pendekatan: kualitatif, (2). Jenis Penelitian: deskriptif (3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi MTsN Aryojeding. (4). Sumber Data: Informan terdiri dari tenaga pengajar. (5). Metode Pengumpulan Data: Observasi, wawancara dan dokumentasi dan angket, (6). Analisis Data: data dianalisis dengan pendekatan induktif, deduktif dan deskriptif kemudian data kuantitatif dikualitatifkan, (7). Pengecekan Keabsahan Temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil-hasil Penelitian: 1) Pembelajaran aqidah akhlaq dengan metode kooperatif, implementasinya di MTsN Aryojeding, kelompok yang kooperatif dapat membantu meningkatkan rasa senang, sikap positif serta pemahaman terhadap pekerjaannya maupun terhadap dirinya sendiri.2) Beberapa peserta didik mungkin belum bisa belajar bagaimana menghargai gagasan orang lain. Hal ini akan terlihat ketika mereka bekerja dalam kelompok. Peserta didik perempuan akan sering menerima ide dari peserta didik laki-laki untuk menghindari konflik dan sebaliknya. Sedangkan gurunya sendiri sangat apresiatif terhadap metode baru ini guna meningkatkan mutu pembelajaran mereka. 3) Bahwa efektifitas belajar aqidah akhlaq dari sisi pemahaman dan penerapan konsep, siswa MTsN Aryojeding kelas 2D dengan menggunakan metode kooperatif, bila diukur dari aspek skor rata-rata kelas maupun presentase ketuntasan belajar kelas pada saat dilaksanakan tindakan sudah efektif melebihi KKM.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 01:35 |
Last Modified: | 16 Oct 2015 01:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2511 |
Actions (login required)
View Item |