PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL QOUTIENT (SQ) PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung)

ANGGI PRAKAS EKA PANJALU, 12506194008 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL QOUTIENT (SQ) PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (409kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (324kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul ”Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Qoutient (SQ) Peserta Didik (Studi Multi Situs MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung)” yang ditulis oleh Anggi Prakas Eka Panjalu, NIM. 12506194008 dengan Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. dan Dr. H. Imam Junaris, M.H.I. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena potensi spiritual atau kecerdaan spiritual peserta didik di usia remaja merupakan kekuatan pengendali serangkaian tindakan instingtif manusia dalam memenuhi kebutuhan fisik dan psikisnya. Kekuatan dari spiritual tersebut harus memerlukan penajaman sehingga secara naluriah manusia bertindak cerdas dalam menggapai hidup bahagia dan bermakna. Potensi kecedasan SQ ini harus mulai dibentuk dengan diasah dan dikembangkan sejak dini, sehigga kecerdasan SQ tersebut dapat berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan, kecerdasan spiritual memiliki kekuatan untuk mentransformasi kehidupan bahkan dapat mengubah realitas, yang kemudian dapat membimbing, mengarahkan manusia khususnya anak remaja untuk meraih kebahagiaan hidup hakiki di kemudian kelak. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek pengendalian nafsu amarah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung?; (2) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek pengendalian nafsu lawwamah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung?; (3) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek nafsu mutmainah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung? Tujuan penulisan tesis ini: (1) Untuk mendeskripsikan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek pengendalian nafsu amarah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek pengendalian nafsu lawwamah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek nafsu mutmainah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain multi situs, menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode lintas situs. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek pengendalian nafsu amarah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung, yaitu: melakukan pendekatan, melakukan pembinaan, memaksa beribadah, berdiskusi dengan MGMP Guru PAI, bekerjasama dengan koramil dan polsek, memberikan nasehat, bengkel Al-Qur’an, mendoakan anak. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek pengendalian nafsu lawwamah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung, yaitu: melakukan pembimbingan, mengaitkan meteri pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, bekerjasama dengan orang tua peserta didik, uswatun hasanah guru, dan ujian praktek. (3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan SQ aspek nafsu mutmainah peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir dan MTsN 4 Tulungagung, yaitu: mengajak anak untuk istiqomah dalam beribadah, memberi apresiasi, dijadikan contoh siswa lain, ekstrakulikuler pada bidang keagamaan, program keagamaan Tahun Ajaran Baru 2021/2022: melaksanakan program yang berjalan, konsep baru tahfidz dan bengkel Al-Qur’an, tidak mengadakan sholat berjamaah, pantauan-pantauan sholat, membaca al-qur’an, pondok ramadhan, mendatangkan guru ahli baca al-qur’an yang baik dan benar, madrasah literasi bidang agama, kegiatan aswaja seperti qira’ah dan manasik haji.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > SQ
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd. 12506194008 Anggi Prakas Eka Panjalu
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:15
Last Modified: 07 Mar 2022 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25147

Actions (login required)

View Item View Item