NISWATUL LUTFIYAH, 12201173436 (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (594kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas X di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Niswatul Lutfiyah, NIM 12201173436, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Kurikulum 2013, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak. Pendidikan akidah dan akhlak berperan penting dalam membentuk karakter dari peserta didik. Kurikulum 2013 ini bertujuan agar siswa dapat lebih memahami tentang pentingnya akidah akhlak bagi pribadi dan sekitarnya. Demi tercapainya perubahan dan juga perkembangan akhlak yang baik dengan adanya penerapan kurikulum 2013 sangat mendukung supaya lebih termotivasi untuk belajar. Mengingat kurikulum menunutut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik di Kelas X MA Sunan Kalijogo Kediri? (2) Bagaimana Penerapan implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik di kelas X MA Sunan Kalijogo Kediri? (3) Bagaimana Evaluasi implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan motivasi belajar Akidah Akhlak Peserta didik di kelas X MA Sunan Kalijogo Kediri?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik di Kelas X MA Sunan Kalijogo Kediri. (2) Untuk mendiskripsikan Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik di Kelas X MA Sunan Kalijogo Kediri. (3) Untuk mendiskripsikan Evaluasi Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik di Kelas X MA Sunan Kalijogo Kediri. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan Kepercayaan (Kreadibility), Keteralihan (Transferability), Kebergantungan (Dependability), dan Kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan dari implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak, MA Sunan Kalijogo membuat kebiijakan berupa guru akidah harus mengikuti pelatihan tentang penerapan kurikulum 2013. Selanjutnya guru akidah akhlak akan membuat perangkat pembelajaran yang berupa PROTA, PROMES, SILABUS, dan RPP dan menyiapkan media pembelajaran. (2) Proses pembelajaran akidah akhlak di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri, tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, namun proses pembelajaran akidah akhlak bisa dilakukan di luar kelas melalui kegiatan yang diadakan sekolah. Proses pembelajaran di dalam kelas guru menggunakan berbagai macam metode, seperti metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Guru juga menggunakan sumber belajar yang ada di sekolah, selain itu guru akidah akhlak juga memanfaatkan sumber belajar melalui internet. (3) Evaluasi yang dilakukan di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri, yaitu melalui musyawarah akhir tahun dengan dewan guru akidah akhlak. Musyawarah merupakan evaluasi anatara sekolah dengan guru, sedangkan evaluasi untuk siswa guru melakukannya dengan cara pemberian tugas, ujian harian,penilaian sikap, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Niswatul 12201173436 Lutfiyah |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 08:29 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 08:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25175 |
Actions (login required)
View Item |