PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021

BINTI MUKAROMAH, 12204173126 (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Resiliensi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Binti Mukaromah, NIM. 12204173126, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Resiliensi Matematis, Hasil Belajar Berhasil atau tidaknya seseorang dalam belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar adalah kecerdasan emosional dan resiliensi matematis. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Sedangkan resiliensi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk menghadapi dan mengatasi hambatan dan kesulitan selama pembelajaran matematika berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar tahun ajaran 2020/2021; (2) untuk mengetahui pengaruh resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar tahun ajaran 2020/2021; (3) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-F. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket kecerdasan emosional dan resiliensi matematis, serta tes hasil belajar. Dan analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar tahun ajaran 2020/2021 sebesar 76,8%; (2) ada pengaruh resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar tahun ajaran 2020/2021 sebesar 82,0%; (3) ada pengaruh kecerdasan emosional dan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar tahun ajaran 2020/2021 sebesar 82,8%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173126 BINTI MUKAROMAH
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:50
Last Modified: 14 Mar 2022 00:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25196

Actions (login required)

View Item View Item