PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PUCANGLABAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

KHUSNA, ANIS LIFAFATUL (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PUCANGLABAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian awal.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khusna, Anis Lifafatul. 3214113046. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Pucanglaban”. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing. Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional ,Kecerdasan Spiritual. Pendidikan merupakan sarana utama dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, baik melalui pendidikan informal maupun pendidikan formal. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil belajar yang diraih oleh siswa.Hasil belajar yang baik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Matematika adalah ilmu hitung atau ilmu tentang bilangan dan termasuk ilmu pasti, begitu pentingnya ilmu tersebut sehingga diperlukan kesungguhan dalam mempelajarinya agar mendapatkan pemahaman yang tinggi dan mencapai hasil belajar yang baik. Keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional merupakan kunci keberhasilan belajar siswa disekolah. Goleman mengungkapkan adanya faktor selain kognisi yang dapat mempengaruhi seseorang dalam bekerja, faktor ini dikenal sebagai kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB MTs Negeri Pucanglaban Tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 33 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional, angket kecerdasan spiritual, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisi regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda karena penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu Kecerdasan Emosional (X1) dan Kecerdasan Spiritual (X2), dan satu variabel dependen yaitu Hasil Belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan sumbangan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar materi luas permukaan kubus dan balok sebesar 17,7%, sedangkan sumbangan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar matematika sebesar 11%, dan sumbangan pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama sebesar 20,2%. Hasil hipotesis menunjukkan nilai –thitung =-2578 < -ttabel =-2,040 yang artinya bahwa ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok, dan untuk kecerdasan spiritual nilai –thitung = -0,582 > -ttabel = -2,040 yang artinya tidak ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar matematika, dan nilai Fhitung = 3,804 > Ftabel = 3,316 yang artinya secara bersama-sama ada pengaruh positif kecerdasan emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok kelas VIII MTsN Pucanglaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ANIS LIFAFATUL KHUSNA
Date Deposited: 16 Oct 2015 07:02
Last Modified: 16 Oct 2015 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item