PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWTOON BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

HABIBULLOH, 12201173181 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWTOON BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Habibuloh, NIM 12201173181, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pindidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Nurcholis S. S., M. Pd. Kata Kunci : Media animasi Powtoon, E-learning Penggunaan media animasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam menjelaskan materi secara nyata dengan cara melakukan visualisasi agar pembelajaran yang dijelaskan dapat tergambarkan. Pembelajaran pada masa pamdemi mengharuskan peserta didik melaksanakan pembelajaran secara daring. Dalam proses pembelajaran daring peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami pembelajraan fikih. Hal ini disebabkan karena tidak semua peserta didik mampu belajar ilmu fikih baik dalam hal penulisan arab, membaca, menghafalkan serata memahaminya. Dalam pembelajaran fikih sering kali peserta didik cenderung menunjukan tidak memperhatikan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena kurangnya pembelajaran yang menarik, memotivasi, dan memunculkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan peserta didik dalam pembelajaran daring, perlu penerapkan media pembelajaran yang bervariatif dan sesuai dengan materi untuk meningkatkan efektifan dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap hasil belajar fikih kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung? 2) Berapa nilai efektifitas penggunaan media animasi powtoon terhadap hasil belajar fikih kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung? sedangkan Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung. 2) Untuk Mengetahui nilai efektifitas Penggunaan Media Animasi Powtoon Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen design nonequivalent control grup design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposve sampling dengan mempertimbangkan nilai ulangan harian peserta didik. Sample dalam penelitian ini terdiri dari 60 peserta didik yang terbagi masih-masing 30 peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa 20 soal pilihan ganda yang sudah divalidasi internal oleh ahli dan divalidasi eksternal oleh peserta didik yang bukan termasuk sampel penelitian. Reliabilitas instrumen soal sebesar 0,927 dengan katagori sangat reliabel. Uji prasyarat dalam penelitian ini memiliki nilai normalitas 0,139 > 0,05 dengan katagori terdistribusi normal. Sementara untuk nilai homogenitas memiliki nilai 0,28 > 0,05 yang berarti data ditribusi homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh yang positif dan sigfinikan antara media animasi powtoon dengan hasil belajar peserta didik. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t nilai diperoleh thitung sebesar 7.913 > ttabel 2042. Nilai signifikansi sig.(2 tailed) menunjukkan nilai 0,00 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Sehingga ada pengaruh antara media animasi powtoon terhadap hasil pembelajaran fikih. 2) Pembelajaran fikih menggunakan media animasi powtoon cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai N-gains yang di peroleh sebesar 60,14% termasuk katagori cukup efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173181 Habibulloh
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:00
Last Modified: 08 Jun 2022 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25259

Actions (login required)

View Item View Item