PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPS4 SMAN 1 GONDANG

LINDA DWI YULIKASARI, 12210173009 (2021) PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPS4 SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (323kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Genius Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anekdot pada Siswa Kelas X IPS4 SMAN 1 Gondang” ini ditulis oleh Linda Dwi Yulikasari. NIM. 12210173009. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci : menulis anekdot, Genius Learning, siswa SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterampilan menulis anekdot siswa yang sangat rendah dan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: kurangnya minat dan motivasi siswa dalam menulis anekdot, siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide, gagasan, dan pikirannya dalam bentuk tulisan, strategi pembelajaran yang enarik belum diterapkan dalam pembelajaran menulis anekdot, dan kurangnya strategi variatif yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran menulis anekdot. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis anekdot siswa kelas X IPS4 SMAN 1 Gondang tahun pelajaran 2021/2022 dengan menerapkan strategi Genius Learning. Dari latar belakang tersebut, pertanyaan peneliti pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan strategi Genius Learning siswa kelas X IPS4 SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X IPS4 SMAN 1 Gondang yang berjumlah 32 siswa. Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus karena pada siklus kedua telah memenuhi KKM. Data diperoleh melalui (1) angket, dan (2) catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif yaitu antusias siswa dalam belajar dan didukung dengan data kuantitatif yaitu nilai menulis anekdot memenuhi KKM. Keberhasilan penelitian tindakan ini ditandai adanya perubahan ke arah perbaikan, baik terkait dengan suasana belajar dan pembelajaran. Indikator keberhasilan dapat ditentukan berdasarkan proses dan produk. Keberhasilan berdasarkan proses meliputi siswa aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran menulis anekdot, siswa mampu menulis ide atau gagasan dari hasil pengamatan dengan lingkungan sekitarnya dengan demikian, siswa akan terampil dan kreatif dalam menulis anekdot. Indikator keberhasilan produk dideskripsikan dari keberhasilan siswa dalam praktik menulis anekdot dengan strategi Genius Learning. Keberhasilan diperoleh jika telah terjadi peningkatan skor sebesar 75% dari jumlah siswa sesudah diberikan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan strategi Genius Learning mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis anekdot. Adanya peningkatan proses pada aspek situasi belajar, fokus siswa, dan keaktifan, menjadikan perubahan positif sehingga menjadikan pembelajaran menulis anekdot lebih menarik dan menyenangkan. Kedua, pembelajaran menulis anekdot dengan strategi Genius Learning dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis anekdot. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menulis anekdot sebelum diberi tindakan adalah 64,53 sedangkan setelah diberi tindakan siklus II skor rata-rata menjadi 85,00. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 20,47. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua aspek dan kriteria menulis anekdot mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa penggunaan strategi Genius Learning berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menulis anekdot siswa kelas X SMAN 1 Gondang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173009 Linda Dwi Yulikasari
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:54
Last Modified: 25 Mar 2022 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25375

Actions (login required)

View Item View Item