PERSEPSI SISWA SMK NEGERI 1 PAGERWOJO TULUNGAGUNG TENTANG TOLERANSI BERAGAMA

PAMBAYUN PUTRI PRAMESTHI, 12201173276 (2021) PERSEPSI SISWA SMK NEGERI 1 PAGERWOJO TULUNGAGUNG TENTANG TOLERANSI BERAGAMA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Persepsi siswa SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung tentang Toleransi Beragama” ini ditulis oleh Pambayun Putri Pramesthi, NIM. 12201173276, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Dr. Muhammad Mutahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Persepsi Siswa dan Toleransi Beragama Penelitian ini dilatar belakangi oleh keragaman suku, ras dan khususnya agama yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Keragaman ini selain menjadi kelebihan dan kekayaan bangsa juga seringkali memicu konflik khususnya konflik keagamaan. Menindak lanjuti fenomena ini maka toleransi beragama perlu ditekankan kepada generasi muda sebagai wujud pembentukan karakter. Toleransi beragama berperan penting dalam upaya pencegahan perpecahan agar terwujudnya bangsa Indonesia yang tentram dan damai. Peneliti mengambil obyek di SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung sebab di lingkungan SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung terdapat perbedaan agama. Berdasarkan data yang didapatkan peneliti dari 1370 siswa terdapat 6 siswa beragama Kristen, dan dari 69 guru terdapat 3 guru yang beragama Kristen, sisanya beragama Islam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk persepsi siswa SMK Negeri 1 Pagerwojo tentang toleransi beragama? (2) Bagaimana proses persepsi siswa SMK Negeri 1 Pagerwojo tentang toleransi beragama? (3) Bagaimana implikasi persepsi siswa SMK Negeri 1 Pagerwojo tentang toleransi beragama? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan prosedur penyajian data deskriptif melalui tulisan atau kata-kata. Lokasi penelitian ini terletak di SMK Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung. Data didapatkan oleh peneliti berasal dari Kepala SMK Negeri 1 Pagerwojo, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan di SMK Negeri 1 Pagerwojo, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum di SMK Negeri 1 Pagerwojo, Kepala Sub Bagian Tata Usaha di SMK Negeri 1 Pagerwojo, Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pagerwojo dan Guru Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 1 Pagerwojo serta peserta didik di SMK Negeri 1 Pagerwojo. Metode yang dipergunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (verification). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk persepsi siswa SMK Negeri 1 Pagerwojo tentang toleransi beragama adalah persepsi visual dan persepsi auditori. (2) Proses persepsi siswa SMK Negeri 1 Pagerwojo tentang toleransi beragama ini didapatkan dari pengalaman lingkungan kehidupan siswa dan lingkungan sekolah. (3) Implikasi persepsi siswa SMK Negeri 1 Pagerwojo tentang toleransi beragama antara lain terdapat Kurikulum Pendidikan Agama, kegiatan sekolah sedangkan ekstrakurikuler, tempat beribadah dan peringatan hari besar keagamaan belum dapat dilaksanakan dengan maksimal sebab siswa beragama Kristen yang minoritas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Pambayun Pramesthi
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:09
Last Modified: 28 Mar 2022 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item