PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM MENULIS CERPEN KELAS IX SMP NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021-2022

KUZANATU SIMA, 12210173007 (2021) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM MENULIS CERPEN KELAS IX SMP NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021-2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (926kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Komik dalam Menulis Cerpen Kelas IX SMP Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2021-2022 ini ditulis oleh Kuzanatu Sima. NIM 12210173007. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Muyassaroh S.S. M.Pd. Kata kunci : Cerpen Media Komik Pengaruh Pembelajaran menulis cerpen sangat penting dilakukan oleh siswa karena dengan menulis cerpen siswa dapat mencurahkan ide atau pikiran perasaan maupun pengalaman yang dialaminya secara kreatif. Dalam menulis cerpen dapat bebas berkarya tetapi tetap memperhatikan kaidah kebahasaan. Menulis cerpen bukan hanya diajarkan melalui penjelasan semata melainkan melalui kegiatan menulis secara terus menerus. Bukan hanya sekedar menulis tetapi pada kenyataannya dalam menulis cerpen terdapat kendala-kendala yang sering dialami siswa yang dapat mengurangi minat menulis siswa. Oleh karena itu guru berperan penting dalam pembelajaran yaitu dengan menyiapkan sebuah media sekeatif mungkin. Media sangat dibutuhkan dalam pembelajaran karena merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam mengajar agar mudah membantu siswa memahami pembelajaran. Salah satu media yang digunakan dalam menulis cerpen adalah media komik. Komik dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam ukuran yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada pembaca. Media komik juga sudah dibuktikan dengan beberapa materi seperti pada salah satu penelitian yang dilakukan oleh Salma Anggraini Hasibuan berjudul “Pengaruh Media Komik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP PAB 9 Klamber V Tahun Pembelajaran 2019-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa berubah signifikan dari 498 menjadi 87. Hasilnya akan sama menulis puisi dengan menulis cerpen yaitu sama sama mengalami perubahan yang menunjukkan media komik dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik dalam menulis cerpen siwa kelas IX SMP Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimental design dengan menggunakan pretes-postes control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas IX A dan IX B. Pengambilam sample menggunakan teknik acak (random sampling). Data pada penelitian ini berupa skor dari hasil tes menulis cerpen tanpa menggunakan media dan skor dengan menggunakan media komik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan beberapa uji yaiu uji validitas uji reliabilitas uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media komik berpengaruh terhadap menulis cerpen. Pada uji validitas soal menulis cerpen dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas dinyatakan reiabel. Pada uji normalitas dan homogenitas data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian Hipotesis pada kelas eksperimen t hitung 11.920 dan t tabel 1.692 sedangkan pada kelas kontrol t hitung 7436 dan t tabel 1.694 dengan taraf signifikasi 005%. Postes kontrol memperoleh nilai rata-rata 7632 sedangkan postes eksperimen memperoleh nilai rata-rata 8397. Jadi dapat disimpulkan t hitung kelas eksperimen  t hitung kelas kontrol. Penggunaan media komik dilakukan pada kela eskperimen Karena t hitung > t tabel H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulakan bahwa penggunaan media komik berpengaruh terhadap hasil menulis cerpen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Cerpen
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173007 Kuzanatu Sima
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:23
Last Modified: 30 Mar 2022 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25401

Actions (login required)

View Item View Item