PERAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SUKMAWATI, 12209173015 (2021) PERAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Sukmawati, NIM. 12209173015, pembimbing Drs. H. Jani. MM. MPd. Kata kunci: Peran Masyarakat, Mutu Pendidikan Untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah inilah perlu adanya peran dari masyarakat yang sangat membantu dalam memenuhi segala kebutuhan madrasah yang menunjang keberhasilan visi dan misi madrasah. Dalam perjalanan kiprahnya, madrasah tsanawiyah ini banyak di support dan didukung oleh masyarakat. Tidak hanya brsifat material tetapi juga bersifat non-material. Masyarakat didorong oleh kesadarannya baik secara kolektif maupun individual, telah ikut berperan atau berpartisipasi untuk mendukung eksistensi dan keberlanjutan madrasah ini kedepannya. Fakta bahwa dalam setiap tahun ajaran baru madrasah ini memiliki jumlah pendaftar calon siswa baru dengan jumlah yang banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1)Bagaimana peran masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2)Faktor apa saja yang memperngaruhi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan mengadakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru dan orang tua siswa. Analisis data dilakukan dengan pemberian makna terhadap data yang telah selesai dikumpulkan kemudianditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon antara lain: Peran masyarakat dalam bentuk pemikiran, yaitu orang tua memberi saran kepada madrasah terkait dengan perencanaan dan penyelenggaraan progam di madrasah, Peran dalam kerja sukarela, yaitu orang tua dan masyarakat bekerja sama dengan melakukan kegiatan gotong royong (roan), Peran dalam mengambil keputusan, yaitu orang tua terlibat dalam pertemuan untuk memberikan masukan dan kritikan terhadap perencanaan program madrasah dan peran dalam pembiayaan, yaitu orang tua siswa menyumbang iuran untuk pelaksanaan beberapa kegiatan madrasah. 2) faktor yang mempengaruhi masyarakat, Faktor pendukung: terjalin komunikasi yang baik antara pihak madrasah dan masyarakat, kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan anaknya, mendukung program madrasah, keterbukaan madrasah terhadap masukan dan kritikan dari masyarakat. Faktor penghambat; yaitu orang tua kurang memahami program madrasah, kurang pedulinya masyarakat terhadap pendidikan, dan kesibukan orang tua. ABSTRACT The thesis entitled "The Role of Society in Improving the Quality of Education at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung" was written by Sukmawati, NIM. 12209173015, supervisor Drs. H. Jani. MM. MPd. Keywords: Community Role, Education Quality To improve the quality of education in madrasas, it is necessary for the role of the community to be very helpful in meeting all the needs of madrasas that support the success of the vision and mission of the madrasa. In the course of its work, this tsanawiyah madrasa is widely supported and supported by the community. It is not only material but also non-material. The community is driven by their awareness, both collectively and individually, that they have played a role or participated in supporting the existence and sustainability of this madrasa in the future. The fact that in each new school year this madrasa has a large number of new student applicants. The purpose of this study was to determine(1) How is the role of the community in improving the quality of education at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) for what factors influence the community in improving the quality of education at Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. This research is a descriptive qualitative research. Data was collected by conducting interview, observation and documentation techniques. The research subjects were the principal, teachers and parents of students. Data analysis was carried out by giving meaning to the data that had been collected and then drawing conclusions. The results of this study are: 1) The role of the community in improving the quality of education at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon, among others: The role of the community in the form of thinking, namely parents giving advice to madrasas related to planning and implementing programs in madrasas, Roles in volunteer work, namely parents and the community work together by conducting mutual cooperation (roan) activities to improve the quality of education in madrasas, the role in making decisions, namely parents are involved in meetings to provide input and criticism of madrasa program planning and the role in financing, namely parents of students contribute fees for the implementation of several madrasah activities.2) factors that influence the community in improving the quality of education at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon: The supporting factors are good communication between the madrasa and the community, awareness of parents about the importance of their children's education, support for madrasa programs, openness of madrasas to input and criticism from Public. The inhibiting factors are parents who do not understand the madrasa program, lack of public concern for education, and busy parents.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > Antropologi
Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209173015 SUKMAWATI
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:52
Last Modified: 05 Apr 2022 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25444

Actions (login required)

View Item View Item