INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS MELALUI MANAJEMEN KESISWAAN (Studi multi situs di MI Nabatul Ulum Kec. Kepung dan MI Darul Hikmah Kec. Kepung Kab. Kediri)

YESI AGUS TINAH, 12501174031 (2019) INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS MELALUI MANAJEMEN KESISWAAN (Studi multi situs di MI Nabatul Ulum Kec. Kepung dan MI Darul Hikmah Kec. Kepung Kab. Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Turrif’ah, Makhsushoh.2014. Internalisasi Karakter Religius melalui Sistem Manajemen Kesiswaaan (Studi Multi Situs di MI Nabatul Ulum dan MI Darul Hikmah Kepung - Kabupaten Kediri). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Pasca Sarjana INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG. Pembimbing Dr.H,Munardji M.Ag dan Dr.Hj.Sulis Setyorini M.Ag Kata kunci :Karakter Religius, Sistem Manajemen Kesiswaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Karakter religius apa saja yang dikembangkan di MI Nabatul Ulum dan MI Darul Hikmah Kepung - Kabupaten Kediri; (2). Bagaimana upaya-upaya menginternalisasikan Karakter Religius kepada siswa melalui system manajemen kesiswaan di MI Nabatul Ulum dan MI Darul Hikmah Kepung - Kabupaten Kediri ; dan (3). Bagaimana model Pembentukan karakter religius melalui system manajemen kesiswaan di MI Nabatul Ulum dan MI Darul Hikmah Kepung - Kabupaten Kediri.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancanganpenelitian multi situs. Penelitian ini dilakukan dengan tiga (3) teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara dengan jenis wawancara tak berstruktur terarah (unstructured interview),dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa data interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahap: pengumpulan data, koleksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan credibility, dependability, dan comfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai-nilai religius yang dikembangkan di MI Nabatul Ulum berjumlah 12 nilai dan MI Darul Hikmah berjulmah 10 nilai yang dikategorikan kedalam nilai Illahiyah dan nilai Insaniyyah. Nilai-nilai Illahiyah yang di MI Nabatul Ulum yaitu ketaqwaan,muraqabah, keihlasan, istiqomah, kejujuran, dan berjiwa qur’ani. Sedangkan nilai insaniyyah yaitu kesopanan, amanah, tolong menolong, tawasukh (saling menasehati), kebersihan, dan kompetitif. Adapun nilai-nilai Illahiyah di MI Darul Hikmah adalah akhlaqul karimah, ketaqwaan (‘abid),keihlasan, kejujuran,dan cinta qur’an. Sedangkan nilai insaniyahnya adalah kesopanan, kepemimpinan dan tanggung jawab, kebersihan, dan rasa malu (haya’). Adapun sumber nilai-nilai religius yang dikembangkan yaitu bersumber dari ajaran Islam, nilai-nilai pendidikan karakter dari para ahli, dan nilai budaya yang diwariskan. (2). Upaya-upaya internalisasi karakter religius bagi siswa melalui system manajemen kesiswaan di MI Nabatul Ulum dan MI Darul Hikmah Kepung yaitu melalui 4 (empat) proses, yakni: (1). proses perencanaan dilakukan dengan pemberian pengetahuan / informasi secara teori; (2). Proses pelaksanaan melalui kegiatan ubudiyah maupun ekstrakurikuler; (3). Proses pembiasaan melalui pembentukan budaya religius, (4). dan pengawasan (evaluasi) yang berkelanjutan berupa pemberian kartu monitoring kegiatan ubudiyah maupun ekstrakurikuler serta melalui tawasukh (saling mengingatkan) dengan teladan dan penilaian masyarakat. Dan (3). Model internalisasi karakter religius bagi siswa melalui system manajemen kesiswaan di MI Nabatul Ulum dan MI Darul Hikmah Kepung yaitu model Organik-Struktural dengan tipe top-down di MI Nabatul Ulum dan tipe bottom-up di MI Darul Hikmah Kepung yang meliputi 3 tahapan yaitu:(1). Tahap Transformasi Nilai (Moral Knowing),(2).Tahap Transaksi Nilai (Moral feeling/Moral Loving), dan (3). Tahap Transinternalisasi (Moral Doing/ Moral Action).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501174031 YESI AGUS TINAH
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:04
Last Modified: 04 Apr 2022 06:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25494

Actions (login required)

View Item View Item