Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek

Hamdi, Mohammad Lutfi Nur (2014) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Bagian Depan.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pola asuh orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek? 2) Adakah pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek? 3) Adakah pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek? Tujuan Penelitian : 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. 2) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sumber data dalam penelitian korelasional ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. Metode pengumpulan data 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) dokumentasi, 4) Angket. Teknik analisa data yang digunakan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan dari analisis data didapatkan 1) Berdasarkan penghitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (-3.553 > 1.995). Nilai signifikansi t untuk variabel pola asuh orang tua otoriter adalah 0.001 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. 2) Berdasarkan penghitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (3.255 > 1.994). Nilai signifikansi t untuk variabel pola asuh orang tua demokratis adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,002 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara xx pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. 3) Berdasarkan penghitungan menunjukkan Fhitung (10.670) > Ftabel (3.132) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Jadi dapatlah ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Gandusari Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 03:06
Last Modified: 02 Dec 2014 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item