IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS DAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK

AHMAD FAJRUL MUNIR, 17201163139 (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS DAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 dalam Membentuk Sikap Religius dan Sosial Peserta Didik pada SMK Islam 2 Durenan” ini ditulis oleh Ahmad Fajrul Munir, NIM. 17201163139, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Sikap Religius, Sikap Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti terhadap implementasi pendidikan moralitas dalam sistem pendidikan di Indonesia, penanganan krisis moralitas yang agaknya dipandang sebelah mata menjadikan pendidikan hanya berorientasi sebagai pemuas nafsu pasar semata. Pada Kurikulum 2013 terdapat empat kompetensi inti namun dalam praktik di lapangan sering dijumpai hanya menitik beratkan dalam ranah pengetahuan dan keterampilan belaka (KI-3 dan KI4) sehingga akibatnya secara tidak langsung ranah afektif dan psikomotorik yang berada dalam KI-1 dan KI-2 kurang mendapat perhatian dan pengembangan sebaikbaiknya. Padahal keseimbangan dalam pengembangan kedua ranah ini merupakan agenda penting dalam rangka membentuk akhlak, moral, budi pekerti, watak dan karakter yang baik lainnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana tahap implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk sikap spiritual dan sosial peserta didik di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana proses implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk spiritual dan sosial peserta didik di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana hasil implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk sikap spiritual dan sosial peserta didik di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian Field Research atau Penelitian Lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, dan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk sikap spiritual dan sosial peserta didik di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek dimulai dengan menyiapkan lingkungan fisik yaitu sarana dan prasaran sekolah untuk menunjang kegiatan siswa selanjutnya lingkungan non fisik yaitu sumber daya manusia yang terlibat dalam lembaga pendidikan. Kemudian dilakukan pengintegrasian sikap spiritual dan sosial ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. (2) Proses implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk spiritual dan sosial peserta didik di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek di luar kelas dengan cara memberikan teladan, membimbing serta mengawasi semua kegiatan siswa. Di dalam kelas pertama dimulai dengan kegiatan awal yang berisi salam pembuka, pembacaan ayat jus amma, dan tahlil qashar. Kemudian dilanjutkan apersepsi dan persiapan bahan pembelajaran. Selain itu akan diberikan sangsi bagi siswa yang melanggar tata tertib. Kedua kegiatan inti yang menggunakan 5M yaitu mengamati, menanya, mengeksplore, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Ketiga kegitan penutup berisi bersama-sama membuat rangkuman atau simpulan, melakukan refleksi atau penilaian, memberikan umpan balik, dan menyampaikan materi pertemuan kedepan. (3) Hasil implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk sikap spiritual dan sosial peserta didik di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek difokuskan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang ada. Kegiatan intrakurikuler dilakukan dengan pembacaan alqur’an dan tahlil sebelum memulai pembelajaran. Selanjutnya melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan juga sholat berjamaah. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui seni hadrah dan pramuka. Sikap yang terbentuk pada siswa pada ranah sikap spiritual meliputi beriman, bertaqwa, dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta meneladani sikap Rasulullah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163139 AHMAD FAJRUL MUNIR
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:30
Last Modified: 11 Apr 2022 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item