PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG

YULIA NURUL ASNA, 12209173009 (2022) PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Yulia Nurul Asna NIM. 12209173009, Pembimbing Drs. H. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: keadaan Ekonomi, lingkungan Ekonomi, Pembelajaran Daring Keadaan ekonomi keluarga erat hubungannya dengan pembelajaran anak dan hasil belajar anak. Fasilitas belajar hanya dapat terpenuhi jika orang tua memiliki keadaan ekonomi yang menunjang pemenuhan pembelajaran. Selama pembelajaran daring peserta didik tetap berada di rumah, maka dari itu ekonomi orang tua dan lingkungan keluarga selama proses pembelajaran berlangsung berpengaruh terhadap minat peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengaruh keadaan Ekonomi terhadap Pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh lingkungan Ekonomi terhadap Pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh keadaan Ekonomi terhadap Pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan Ekonomi terhadap Pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh Ekonomi orang tua terhadap Pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah asosiatif. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi berjumlah 317 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpukan data yaitu angket yang disebarkan melalui google form.Teknik analisis data melalui uji instrumen data, uji asumsi klasik, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan 1) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keadaan ekonomi terhadap pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Meskipun orang tua dengan keadaan sederhana tetap mampu memenuhi fasilitas pembelajaran Daring anak. 2) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keadaan ekonomi terhadap pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Meskipun orang tua siswa dengan keadaan sederhana dan bahkan rendah, namun tetap mendukung serta memperhatikan pembelajaran Daring anak. Secara simultan (bersama-sama) terdapat pengaruh yang signifikan antara ekonomi orang tua (keadaan ekonomi dan lingkungan ekonomi) terhadap pembelajaran Daring siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Apapun lingkungan dan keadaan ekonomi orang tua tetap berpengaruh terhadap pembelajaran Daring anak dan tetap memenuhi fasilitas pembelajaran Daring anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209173009 YULIA NURUL ASNA
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:42
Last Modified: 12 Apr 2022 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25544

Actions (login required)

View Item View Item