PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII DI SMPN 1 SANANKULON

DEVI NUR AZIZAH, 12212173035 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII DI SMPN 1 SANANKULON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Materi zat aditif merupakan materi yang penting untuk diajarkan karena apabila siswa mengetahui jenis-jenis dan dampak penggunaan zat aditif bagi kesehatan, maka siswa tersebut dapat mengetahui kandungan zat aditif dalam bahan makanan berbahaya atau tidak bagi tubuh. Selain itu ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam mempelajari materi ini, diantaranya siswa merasa materi zat aditif sulit untuk dipahami karena materinya bersifat teoritis dan banyaknya materi yang bersifat hafalan dengan penjelasan materi yang monoton, selain itu media pembelajaran interaktif yang digunakan di SMPN 1 Sanankulon masih terbatas. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi zat aditif di SMPN 1 Sanankulon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang hanya sampai pada 6 tahap. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh hasil 91% dan validasi ahli materi diperoleh hasil 85% dengan demikian produk yang dihasilkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi dan perbaikan, kemudian produk di uji cobakan dalam skala kecil dengan 10 siswa dan diperoleh hasil responnya yaitu 83% yang dinyatakan sangat layak, sedangkan uji coba dalam skala besar dengan 30 siswa diperoleh hasil responnya yaitu 80% yang dinyatakan layak. Dengan demikian media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai media tambahan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212173035 DEVI NUR AZIZAH
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:21
Last Modified: 18 Apr 2022 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25589

Actions (login required)

View Item View Item