STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK ( Studi Multi Situs Di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Alam Mutiara Umat Tulungagung )

M. FARIDUS SHOLIHIN, 12506194075 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK ( Studi Multi Situs Di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Alam Mutiara Umat Tulungagung ). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Alam Mutiara Umat Tulungagung” ini ditulis oleh M. Faridus Sholihin dengan Pembimbing I. Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Dan Pembimbing II. Dr.H. Abad Badruzzaman, Lc., M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran , Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa selama ini pembelajaran formal yang cenderung dibatasi ruang dan waktu. Pemahaman secara umum bahwa alam sebagai media dan sumber belajar yang masih terbatas, kebanyakan terpaku pada media dan sumber pembelajaran yang mengandalkan teknologi mutakhir. Maka dari itu, konsep sekolah alam ini dapat menjadi solusi bagi permasalahan-permasalah yang sering dihadapi tersebut. Melalui desain sekolah alam tersebut diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. . Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek mengenali emosi diri peserta didik ?; (2) Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek empati dari peserta didik?; dan (3) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek keterampilan sosial peserta didik ?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek mengenali emosi diri peserta didik ;(2) Mendiskripsikan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek empati peserta didik ; (3) Mendiskripsikan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek keterampilan sosial peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, jenis field research dengan rancangan sudi multisitus. Lokasi penelitian di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Alam Mutiara Umat Tulungagung. Sumber data penelitian diambil dari tiga unsur yaitu people, places dan paper. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek mengenali emosi diri peserta didik dilakukan melalui tallent mapping, adanya chit chat sebelum Pembelajaran, BPI (Bina Pribadi Islam), pembiasaan tiga kata ajaib (Tolong, Maaf dan Terimakasih), BSI (Bina Syakhsiyah Islam); (2) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek empati peserta didik dilakukan melalui one day one infaq, nasihat dan keteladanan, pembiasaan aktivitas empati, lembar muhasabah, kerja kelompok dan motivasi; (3) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek keterampilan sosial peserta didik dilakukan melalui sistem kerja kelompok, kegiatan ekstrakurikuler, keteladanan sosial guru, budaya 4S (Senyum, Sapa, Salam dan Salaman) dan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194075 M. Faridus Sholihin
Date Deposited: 25 Apr 2022 12:26
Last Modified: 25 Apr 2022 12:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25647

Actions (login required)

View Item View Item