MOH. DZULKIFLI ROHMAN, 17210163007 (2022) CAMPUR KODE PADA TEKS PROSEDUR KARYA SISWA KELAS VII SMP DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER-1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Campur Kode paada Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Darussalam Kademangan Blitar” Mohamad Dzulkifli Rohman, NIM. 17210163007, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: campur kode, teks prosedur siswa. Teks prosedur siswa merupakan salah satu dari hasil pembelajaran keterampilan menulis. Siswa lebih senang membaca dan menulis sebuah teks prosedur. Namun dalam penulisannya, mereka masih kurang memerhatikan penggunaan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur. Sehingga banyak sekali ditemukan campur kode di dalam teks prosedur milik siswa. Oleh karena itu, diperlukan bimbingan serta arahan dari pihak-pihak terkait utamanya guru bahasa Indonesia agar krya-karya siswa berupa teks prosedur bisa menjadi lebih baik lagi. terkait hal ini, peneliti menganalisis capur kode pada teks prosedur siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa penyebab terjadinya penggunaan campur kode pada teks prosedur siswa kelas VII SMP Darussalam Kademangan Blitar ?; (2) Bagaimanakah bentuk-bentuk penggunaan campur kode pada teks prosedur kelas VII SMP Darussalam Kademangan Blitar ?; (3) Bagaimanakah jenis-jenis penggunaan campur kode pada teks prosedur siswa kelas VII SMP Darussalam Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan penyebab terjadinya penggunaan campur kode pada teks prosedur siswa kelas VII SMP Darussalam Kademangan Blitar; (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk penggunaan campur kode pada teks prosedur siswa kelas VII SMP Darussalam Kademangan Blitar; (3) Mendeskripsikan jenis-jenis penggunaan camapur kode pada teks prosedur siswa kelas VII SMP Darussalam Kademangan Blitar. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 9 penyebab penggunaan campur kode, ada 68 bentuk campur kode berupa kata, 19 bentuk campur kode berupa frasa, dan 3 bentuk campur kode berupa kalimat. Sedangkan dari jenis campur kode sendiri terdapat dua jenis campur kode yaitu campur kode ke dalam dan campu kode keluar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk campur kode pada teks prosedur siswa lebih banyak berupa kata daripada frasa ataupun kalimat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163007 MOH. DZULKIFLI ROHMAN |
Date Deposited: | 18 May 2022 01:53 |
Last Modified: | 18 May 2022 01:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25696 |
Actions (login required)
View Item |