PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MARKER MATA PELAJARAN SEJARAH GUNA MENUNJANG MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS X MAN 1 TRENGGALEK

DINI KARUNIA UTAMI, 12209183077 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MARKER MATA PELAJARAN SEJARAH GUNA MENUNJANG MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS X MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flipbook Marker Mata Pelajaran Sejarah Guna Menunjang Minat Belajar pada Siswa Kelas X MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Dini Karunia Utami, NIM. 12209183077, Pembimbingi Dr.Dwi Astuti Wahyu Nurhayati., S.S, M.Pd. Katai Kuncii: iPengembangan, iBahan iAjar, iE-Modul, Flipbook Marker, Minat Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh materi sejarah kategori sejarah Indonesia, yang dimana di dalam materi tersebut terdapat kajian yang sangat luas yang perlu dikembangkan. Bedasarkan observasi pengamatan dan wawancara yang idilakukan ioleh ipeneliti ipada isaat kegiatan iMagang I idan iMagang II banyaki ditemukani permasalahani dalam iproses ipembelajaran. Siswa cenderung malas untuk memperhatikan guru dalam menyampaikan materi sejarah dan siswa kurang meminati pelajaran sejarah yang dimana di anggap jenuh dengan materi yang sangat luas, dan tidak semua siswa memiliki buku pendamping atau pendukung dalam materi sejarah, melainkan hanya beberapa siswa yang memiliki buku pegangan, dari hal itu kurangnya minat belajar dalam diri siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia. Rumusan masalah pada penulisan skripsi iini iadalah (1) iBagaimana cara mengembangkani bahani ajari E-Modul sejarah iberbasis flipbook marker agar dapat diterima dengan baik oleh siswa kelas X tahun ajaran 2021/2022? (2) Bagaimana langkah-langkah pengembangan bahan ajar E-Modul berbasis flipbook marker agar dapat menunjang minat belajar ikelas X MANi 1 Trenggalek tahun ajaran 2021/2022? (3) Bagaimana iKevalidan, ikepraktisan, idan keefektifani penggunaani E-Moduli sejarah iberbasis flipbook marker guna menunjang minat belajar siswa kelas X MAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2021/2022. penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan bahan ajar E-Modul berbasis flipbook marker mata pelajaran sejarah guna menunjang minat pada siswa kelas kelas X di MAN 1 Trenggalek. Penelitiani inii merupakani penelitiani dani pengembangani dengani tujuani untuki dapat menciptakan atau mengembangkan suatu produk baru. Pada prosedur penelitian dan pengembangan ini terdapat langkah pengembangan iyang terdiri darii penelitiani dan pengumpulani data, perencanaan, membuat draf awal produk, validasii ahli, revisi, iuji icoba ilapangan (skala kecil idan skala besar), irevisi. Bedasarkan ihasil uji validasii ahli media yang menunjukan bahwa ibahan ajar yang dikembangkan berkriteria valid dengan jumlah presentase sebesar 78%. Hasil uji validasi dari ahli materi yang menunjukan bahan ajar yang di kembangkan berkriteria valid dengan jumlah presentase sebesar 80% dan hasil uji validasi dari guru mata pelajaran sejarah yang menunjukan bahwa ibahan iajar yangi dikembangkani berkriteria validi dengani jumlah presentase sebesar 92%. dikembangkan praktis untuk di gunakan dengan catatan isedikit irevisi. iHasil iuji keefektifan bahan ajar yang dikembangkan menunjukan ibahwa ipada nilai iuji hipotesisi dengan menggunakani Pairedi Samplesi Testi datai yang menghasilkan nilaii Sig. i (2-tailed) = 012 imaka iH1 dapat iditerima idan idapat digunakan disimpulkani bahwai terdapat perbedaani antara sesudah idan sebelum menggunakan bahan ajar E-Modul sejarah berbasis flipbook marker. nilai rata-rata post-test sebesar 83.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > E-Learning
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183077 DINI KARUNIA UTAMI
Date Deposited: 30 May 2022 05:23
Last Modified: 30 May 2022 05:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25716

Actions (login required)

View Item View Item