NIKEN LARAS AGUSTINA, 12209183078 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS HOTS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS IX SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (16MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (16MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (16MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (16MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan, Bahani Ajar, E-Moduli, HOTS, Minat Belajar Penelitian dilatar belakangi belum maksimalnya guru dalam memberikan sumber belajar, pembelajaran yang masih konvensional membuat siswa merasa bosan dan pembelajaran sistem daring membuat minat belajar siswa menurun dan mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan inovasi baru terhadap kegiatan pembelajaran yaitu mengembangkan bahan ajar modul elektronik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses pengembangan bahan ajar e-modul berbasis HOTS mata pelajaran IPS pada siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung ? (2) Bagaimana penerapan bahan ajar e-modul mata pelajaran IPS berbasis HOTS dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Ngantru Tulungagung ? (3) Bagaimana kepraktisan, keefektifan dan kevalidan pengembangan bahan ajar emodul berbasis HOTS mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMPN 1 Ngantru Tulungagung? Tujuan penelitian inii adalah mengetahuii proses pengembangan bahan ajar moduli elektronik berbasis HOTS dapati meningkatkani minat belajari siswai kelas IX SMP Negerii 1 Ngantru Tulungagung matai pelajaran IPS, mengetahui penerapan bahan ajar e-modul mata pelajaran IPS berbasis HOTS dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, dan melihat tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan bahan ajar mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagungi. Penelitian inii berupa penelitian dan pengembangani R&D model ADDIEi terdiri dari analisisi, desain, pengembangan, implementasii dan evaluasii berbantuan aplikasi flipbook creator. Hasil uji validasi ahli media memperoleh hasil presentase 78%, hasil validasi ahli materi memperoleh hasil presentase 84% dan hasil validasi gurui mata pelajarani IPSi memperoleh hasil presentase validasii sebesar 94% darii keseluruhan hasil tersebut tergolong ke dalam kategori valid. Hasil kepraktisan berasal dari angket respon siswa bahwa produk praktis digunakan. Nilai ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh 85% dari 88 % dan hasil dari pengamatan aktifitas siswa memperoleh presentase menunjukkani media praktisi digunakani. Hasili uji keefektifani mediai dengani ujii hipotesisi menggunakani Pairedi Samplei Test data hasili test diperolehi berdasarkan nilaii sig. (2i tailed) = 0.034 karena nilaii sig (2tailed) kurangi darii taraf signifikansii = 0,05i yaitui 0,034 <0,05i artinya terdapat perbedaan hasil siswa secara signifikan antarai sebelum dani sesudahi menggunakan bahani ajari e-modul berbasisi HOTS. Hasili inii terbukti dengan nilai rata-rata pretest <nilai post-test yaitu 85<88. Dengan hal tersebut media ipembelajaran dinyatakani efektif dalam meningkatkani minat belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209183078 NIKEN LARAS AGUSTINA |
Date Deposited: | 23 May 2022 08:14 |
Last Modified: | 23 May 2022 08:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25754 |
Actions (login required)
View Item |