HERNANDA AGUNG PRASETYO, 12209183076 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER MENGGUNAKAN METODE INKUIRI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS TEMA KEDATANGAN BANGSA-BANGSA BARAT KE INDONESIA KELAS VIII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (11MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (11MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (11MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Film Dokumenter Menggunakan Metode Inkuiri Guna Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Tema Kedatangan Bangsa- Bangsa Barat Ke Indonesia Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung”ini ditulis oleh Hernanda Agung Prasetyo NIM. 12209183076, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati., SS., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Film Dokumenter Penelitian ini dilatarbelakangi pemanfaatan perkembangan IPTEK sebagai sumber pembelajaran di sekolah. Untuk itu guru harus turut kreatif dalam memanfaatkan perkembangan IPTEK dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPS. Dengan pemilihan media dan metode pembelajaran, pendidikan hendak lebih gampang dalam menggapai suatu pendidikan yang berjalan cocok apa yang diharapkan, salah satu tata cara penggunaan metode yang dapat digunakan adalah tata cara atau penggunaan metode inkuiri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan Media Film Dokumenter menggunakan Metode Inkuiri Guna Meningkatkan Hasil Belajar pada pelajaran IPS Tema Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia Kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung dan (2) Dampak pembelajaran menggunakan media Film Dokumenter dengan metode Inkuiri guna meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS tema Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia pada kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini sebagai penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media film dokumenter menggunakan metode inkuiri sesuai dengan model Borg and Gall. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba awal, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk, uji coba lapangan, revisi hasil uji coba, penyempurnaan produk akhir dan disimenasi serta implementasi. Penelitian dilakukan di MTsN 6 Tulungagung dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-H. Penelitian yang diambil melalui analisis awal, angket siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, serta nilai pre-test dan post-test. Hasil dari uji validator ahli media memiliki nilai persentase sebesar 73,3%, nilai persentase ahli materi sebesar 84% dan guru mata pelajaran IPS sebesar 80%. Hasil kepraktisan pada empat indicator yaitu pada angket peserta didik dengan ratarata sebesar 84,37% sehingga media film dokumenter dapat praktis digunakan. Validator menyatakan media film dokumenter menggunakan metode inkuiri dapat digunakan dengan sedikit revisi. Media dinyatakan baik karena persentase peserta didik bertanya sebesar 28,12% sehingga dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter menggunakan metode inkuiri dapat digunakan sedikit revisi dan termasuk kategori praktis. Hasil post-test pada kelas VIII-H diketahui Sig (2-tailed) = 0,00, karena Sig (2-tailed) kurang dari nilai signifikasi = 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 maka H 1 dapat diterima, nilai rata-rata kelas kelompok kontrol sebesar 70,31 dan kelas kelompok eksperimen rata-rata sebesar 84,06 serta dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas kelompok kontrol (tidak menggunakan media pembelajaran) dan kelompok eksperimen (menggunakan media pembelajaran) dengan metode inkuiri selama proses pembelajaran. Berdasarkan pernyataan diatas media berbasis film dokumenter merupakan media yang efektif dipergunakan, karena dengan menggunakan media film dokumenter metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-H MTsN 6 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209183076 HERNANDA AGUNG PRASETYO |
Date Deposited: | 24 May 2022 04:03 |
Last Modified: | 24 May 2022 04:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25758 |
Actions (login required)
View Item |