STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL -QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH SUNAN KALIJAGA LIRBOYO KOTA KEDIRI

MUHAMMAD GHAZI JUZAILI, 12201173445 (2022) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL -QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH SUNAN KALIJAGA LIRBOYO KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ghazi Juzaili, NIM 12201173445, tahun 2022, judul skripsi “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri”, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata kunci: Strategi, peningkatan, kemampuan membaca Al-Quran Problematika santri dalam membaca Al-Quran adalah lemahnya tingkat pemahaman dan kemauan santri dalam meningkatkan kemampuan baca Quran. Hal ini bisa dilihat dari kualitas membaca dan pemahaman santri mengenai tata cara baca Al-Quran yang baik dan benar, serta pemahaman tentang ilmu tajwid yang lemah kemampuan bacaannya. Lancar tidaknya tergantung dari kemauan santri itu sendiri. Santri yang memiliki kemauan atau minat yang tinggi untuk belajar membaca Al-Quran dan didukung dengan proses pembelajaran yang baik maka santri akan mudah menerima materi dan membaca Al-Quran sesuai tajwid dan makhrajnya. Skripsi ini membahas mengenai strategi guru atau ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang bersifat deskriptif karena peneliti datang ke lokasi penelitian dan menggambarkan apa yang terjadi di sana kemudian menuliskannya dalam bentuk tulisan (penelitian). Masalah yang diteliti mencakup (1) Bagaimana pendekatan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri ? (2) Bagaimana metode dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri ? (3) Bagaimana teknik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri ? Bagaimana evaluasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri ?. Penelitian ini dilakukan melalui studi lapangan atau diskriptif kualitatif yang dilakukan di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah seluruh ustadzah di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri menggunakan pendekatan ekspositori, dimana guru memberikan materi sedangkan santri mendengarkan penjelasan guru. Guru memegang peranan dominan, santri tidak bisa membangun sendiri pengetahuannya mengenai tatacara baca Al-Quran yang sesuai khaidah sehingga dengan pendekatan ekspositori ini dapat meningkatkan kemampuan baca Quran santri di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri. (2) Metode dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri menggunakan metode An-Nahdliyah. Metode ini memiliki ciri khas menggunakan ketukan sehingga santri dapat dengan mudah mengetahui mana bacaan yang panjang dan mana bacaan yang pendek. Santri harus mengikuti progam jilid 1 sampai 6 dan progam sorogan Al-Quran. (3) teknik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri menggunakan teknik klasikal. Pembelajaran dilakukan dengan cara individu maupun secara bersama-sama. (4) Evaluasi dalam meningkatkan membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Sunan Kalijaga Lirboyo Kota Kediri, Ustadzah menggunakan tes baca dan tes tulis. Ustadzah juga meminta santri untuk mempraktekkan membaca Al-Quran secara langsung dan mengerjakan soal setelah menyelesaikan satu tema materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173445 MUHAMMAD GHAZI JUZAILI
Date Deposited: 24 May 2022 04:00
Last Modified: 24 May 2022 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25763

Actions (login required)

View Item View Item