Khusniyah, Nurul Lailatul (2014) Pembinaan Moral Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) Kanigoro Kras Kediri. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I-V PDF.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
Bagian Awal.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
KARTU BIMBINGAN.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Pembinaan, Moral, Siswa Pembinaan adalah, Usaha, tindakan, dan kegiatan yg dilakukan secara efisien dan efektif untuk memperoleh hasil yg lebih baik. Moral berasal dari kata latin mores yang berarti tata cara, kebiasaan dan adat. Mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah, dengan tujuan untuk menjadi manusia yang berpengetahuan, berketrampilan, berpengalaman, berkepribadian, berakhlak mulia, dan mandiri. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian : penelitian deskriptif. Sumber data : dari subyek Kepala Madrasah, Guru, Guru Aqidah Akhlak, Guru BK, dan Siswa. Data : Ringkasan data tertulis dari ucapan informan. Metode pengumpulan data : observasi paritisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data : dengan cara melacak dan mengatur catatan lapangan hasil observasi, transkrip hasil wawancara, dan catatan lapangan hasil observasi dokumen yang dikumpulkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap data tersebut. Pengecekan keabsahan data : dengan cara kredibilitas, transferabilytas, dan konfirmabilitas. Fokus Penelitian : 1) Bagaimana pembinaan moral siswa di MTs N Kanigoro Kras Kediri ? 2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung pembinaan moral siswa di MTsN Kanigoro Kras Kediri ? Hasil Penelitian : Pembinaan moral di MTs N Kanigoro ini dengan cara langsung (Memberikan seminar-seminar tentang karakter dan moral, Memberikan teguran secara langsung kepada peserta didik, Mengadakan pengajian-pengajian, Mengadakan perlombaan-perlombaan, Membiasakan sholat dhuha dan dzuhur berjamaah). Dan pembinaan moral secara tidak langsung (Menjadi tauladan baik dari guru kepada peserta didik) Faktor pendukung pembinaan moral di MTs N Kanigoro : tersedianya sarana dan prasarana, guru yang berkompeten dan kedisiplinan serta pertisipasi masyarakat sekitar madra sah maupun masyarakat luas yang selalu mendukung kegiatan positif madrasah. Faktor penghambatan pembinaan moral di MTs N Kanigoro Kras Kediri : Faktor intern dari peserta didik ini (kemauan peserta didik untuk dibina moralnya dan juga keinginan yang kurang kuat dari peserta didik. Jika keinginan dan kemauan peserta didik dalam pembinaan tidak ada atau kurang kuat maka akan jadi penghambat pembinaan moral ini) Faktor ekstern penghambat (Adanya guru yang kurang maksimal memberikan tauladan, Kurangnya perhatian banyak pihak).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 03:16 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/258 |
Actions (login required)
View Item |