STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MAHARDIKA BETON DESA PUCANGANAK KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK

NILA AULIA MAHARANI, 12405183217 (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MAHARDIKA BETON DESA PUCANGANAK KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan pada Mahardika Beton Desa Pucanganak Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Nila Aulia Maharani dengan NIM 12405183217, Pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya pembangunan didalam negeri yang secara bersamaan juga akan meningkatkan kebutuhan produk beton pracetak. Meningkatnya kebutuhan dalam industri ini memancing banyaknya pesaing sehingga hal ini akan mempengaruhi kondisi penjualan dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus melakukan strategi-strategi untuk meningkatkan penjualannnya. Dalam Mahardika Beton, strategi yang digunakan dalam upaya meningkatkan penjualannya yaitu strategi segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar dan strategi promosi penjualan pribadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan strategi segmentasi pasar dalam upaya meningkatkan penjualan pada Mahardika Beton? Bagaimana penerapan strategi target pasar dalam upaya meningkatkan penjualan pada Mahardika Beton? Bagaimana penerapan strategi posisi pasar dalam upaya meningkatkan penjualan pada Mahardika Beton? Bagaimana penerapan strategi promosi penjualan pribadi berdasarkan prinsip ekonomi islam dalam upaya meningkatkan penjualan pada Mahardika Beton? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data. Hasil penelitian ini yaitu: strategi segmentasi pasar menggunakan dasar berupa; segmentasi geografis mencakup seluruh Kabupaten Trenggalek, segmentasi demografis mencakup konsumen laki-laki berusia 35-40 tahun keatas dengan pendapatan menengah kebawah, segmentasi psikografis mengelompokkan konsumen berdasarkan gaya hidup yang praktis, modis, simple, mewah dan glamor, segmentasi perilaku didasarkan pada respon dan manfaat penggunaan produk. Pola segmentasi pasar berupa preferensi homogen, berarti konsumen memiliki pilihan yang sama akan produk. Strategi target pasar menggunakan strategi pemasaran terkonsentrasi yang memusatkan usaha pemasarannya pada konsumen kelas menengah kebawah, dan jenis pasar sasarannya yaitu pasar sasaran jangka pendek yang memproduksi segera dipasarkan, pasar sasaran primer yaitu konsumen kelas menengah kebawah dan pasar sasaran sekunder yaitu sebagian kelompok menengah kebawah dan menengah keatas yang mengkonsumsi dalam kuantitas kecil. Strategi posisi pasar menggunakan dasar meliputi; menurut atribut yang menekankan pada ukuran dan komposisi bahan, menurut pemakai yang merupakan pilihan utama untuk konsumen kelas menengah kebawah, menurut pesaing pada produsen beton berskala kecil menengah yang melayani konsumen kelas menengah kebawah, dan menurut harga atau kualitas yang mematok harga lebih tinggi dengan kualitas lebih unggul. Strategi penjualan pribadi berdasarkan prinsip ekonomi islam menggunakan prinsip berupa kejujuran, menepati janji, tidak berpromosi palsu dan rela dengan laba sedikit. Bentuk penjualan pribadi yaitu retail selling yang berarti melayani konsumen yang datang ke Mahardika Beton dan kategori penjualan pribadi yaitu telephone selling dan direct selling. Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi Pasar, Penjualan Pribadi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183217 Nila Aulia Maharani
Date Deposited: 30 May 2022 04:44
Last Modified: 30 May 2022 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25802

Actions (login required)

View Item View Item