PENGARUH MOTIVASI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

NINDI APRILIA PERMATASARI, 12402183087 (2022) PENGARUH MOTIVASI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (822kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)” ini ditulis oleh Nindi Aprilia Permatasari, NIM. 12402183087, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Minat berwirausaha mahasiswa menjadi prioritas utama dalam penelitian ini. Situasi ekonomi dan demografi yang terus berubah menjadikan bertambahnya pertumbuhan penduduk yang berimbas pada tingginya angka pengangguran. Angka pengangguran yang tinggi disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan, bahkan pada tingkat perguruan tinggi sekalipun juga rentan terhadap pengangguran. Mahasiswa yang dianggap memiliki ilmu pendidikan yang tinggi diharapkan nantinya dapat menjadi salah satu pelopor yang memberikan kesempatan kerja, bukan sekedar pencari kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh variabel motivasi, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung baik secara parsial dan secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 89 responden yaitu mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2018 dan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang telah menempuh mata kuliah Pendidikan Kewirausahaan. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis menggunakan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang diolah dan memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (Uji-t) memberikan hasil bahwa (1) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, (2) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, (3) Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sedangkan uji hipotesis (Uji F) memberikan hasil bahwa variabel motivasi, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha Mahasiswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Kinerja
Peradilan Islam > Orang Tua
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183087 NINDI APRILIA PERMATASARI
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:43
Last Modified: 02 Jun 2022 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item View Item