IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI PHITEN SCHOOL PATANI THAILAND

AESOH SAMAENG, 1725143004 (2022) IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI PHITEN SCHOOL PATANI THAILAND. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Budaya Literasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Phiten School Patani Thailand” ini ditulis oleh Aesoh Samaeng, NIM 1725143004, dibimbing oleh Dr. H. M. Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Budaya Literasi, Motivasi belajar Literasi membaca bukanlah sekedar kegiatan membaca biasa melainkan sebuah kegiatan yang bisa membangun budaya itu sendiri. Kegiatan literasi memang merujuk pada kemampuan dasar seseorang dalam membaca dan menulis. Sehingga selama ini, strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah menumbuhkan minat membaca dan menulis. Budaya literasi membaca menghasilkan dua manfaat yaitu membangun minat membaca dan membangun kegiatan membaca itu sendiri. Kepala sekolah harus mampu menunjukkan kinerja yang baik dan berdampak pada meningkatnya kualitas sekolah yang dipimpinnya, karena itu sangat dituntut dukungan kepala sekolah dalam mengatur dan mengelola program literasi sekolah. Fokus penelitian ini budaya literasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di PhitenSchool Patani Thailand. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program literasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Phiten school Patani Thailand? 2) Bagaimana pelaksanaan program literasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Phiten School Patani Thailand? 3) Apa saja faktor pendukung dan pengambatan program literasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Phiten School Thailand? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan budaya literasi peserta didik dalam perencanaan program literasi, pelaksanaan program literasi, faktor pendukung dan pengambatan program literasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Phiten School Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan lokasi di Phiten School Patani Thailand. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah rapat terkait perencanaan sebelum tahun ajaran baru terkait budaya literasi, adanya literasi SOMSERM supaya siswa bisa membaca dan menulis dengan cepat dan lancar, dan tarbiyah untuk penguatan siswa, perencanaan untuk project mengembangkan kefasihan membaca dan kefasihan menulis, perpustakaan keliling, membaca terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, tersedianya perpustakaan, pojok baca kelas, lingkungan sekolahyang kondusif, adanya pembiasaan literasi setiap hari, ruang pojok baca, koleksi buku kurang bervariasi, tidak adanya pustakawan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143004 AESOH SAMAENG
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:17
Last Modified: 03 Jun 2022 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item