STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI UD SARI MURNI JENANG PAK LASIMUN DESA BONO KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

MELINDA YUNITA SARI, 12402183042 (2022) STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI UD SARI MURNI JENANG PAK LASIMUN DESA BONO KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Melalui Pendekatan Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun Desa Bono Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Melinda Yunita Sari, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, NIM 12402183042, Pembimbing Bapak Syamsul Umam, S.H.I., M.H.,. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha turun temurun kue tradisional yang masih tetap eksis sampai sekarang melihat perusahaan ini menjual produk makanan yang masih tradisional mulai dari proses pembuatan hingga hasilnya dibuat secara alami, namun di era modern saat ini perusahaan masih tetap bertahan dan mampu bersaing dengan produk modern lainya. Sehingga peneliti ingin meneliti lebih dalam lagi bagaimana strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan melalui bauran pemasaran 4P yang dianalisis melalui alat metode pendekatan yaitu alat analisis SWOT. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yakni: (1) Bagaimana strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun di Desa Bono Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung?, (2) Bagaimana pendekatan analisis SWOT dalam meningkatkan volume penjualan di UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun di Desa Bono Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung?, (3) Bagaimana bauran pemasaran melalui pendekatan analisi SWOT dalam meningkatkan volume penjualan di UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun di Desa Bono Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun jenis penelitian ini yakni penelitian studi kasus dengan alat metode pendekatan analisis SWOT. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari wawancara dengan informan yang sudah ditetapkan kemudian diolah dan dianalisis oleh peneliti secara langsung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data yang diperoleh, display atau penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun dalam melakukan kegiatan usahanya menggunakan strategi bauran pemasaran 4P dengan alat pendekatan analisis SWOT, dalam diagram SWOT posisi UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun berada dalam Kuadran 1, dimana dalam kondisi tersebut perusahaan memilih untuk menggunakan strategi SO, ada 4 strategi SO yang dapat dilakukan oleh UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun, yaitu melakukan pengembangan dan penetrasi pasar, memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan baik supaya terbentuk citra positif dan pangsa pasar yang baru, mempertahankan citra merek dagang menjaga kualitas produk agar tidak kalah saing dengan pasar modern. Melalui strategi bauran pemasaran 4P dengan memperhatikan lingkungan eksternal dan internal perusahaan melalui alat analisis SWOT, maka akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi untuk meningkatkan volume penjualan di UD Sari Murni Jenang Pak Lasimun. Kata Kunci : Analisis SWOT, Bauran pemasaran, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183042 Melinda Yunita Sari
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:49
Last Modified: 06 Jun 2022 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25925

Actions (login required)

View Item View Item