MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN MUTU LULUSAN DI MAN 4 JOMBANG

ARIS MUNANDAR, 12501194015 (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN MUTU LULUSAN DI MAN 4 JOMBANG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Mutu Lulusan di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Aris Munandar dengan Promotor Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. dan Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen pendidikan karakter, mutu lulusan Pendidikan bermutu dihasilkan oleh proses yang bermutu. Melalui pengembangan nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan menjadi pribadi yang unggul akan menghasilkan mutu lulusan yang unggul. Untuk menghasilkan mutu lulusan yang berkarakter unggul dibutuhkan manajemen, baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) konsep mutu pendidikan melalui nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MAN 4 Jombang, untuk menemukan dan mendeskripsikan (2) perencanaan pendidikan karakter dalam mewujudkan mutu lulusan di MAN 4 Jombang, (3) pelaksanaan pendidikan karakter dalam mewujudkan mutu lulusan di MAN 4 Jombang dan (4) pengawasan pendidikan karakter dalam mewujudkan mutu lulusan di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena menggunakan latar alami. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi partisipan, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan interactive model yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi data/penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konsep mutu pendidikan yang berkarakter adalah: (a) mutu pendidikan berkarakter akademik yang bagus, (b) nilai-nilai karakter yang dikembangkan: Nilai religius, semangat kebangsaan, peduli lingkungan, disiplin, jujur dan keteladanan, (c) menggunakan prinsip perpaduan pengetahuan moral yang baik, kesadaran dan kemampuan yang baik, tindakan moral yang baik dan benar; (2) perencanaan pendidikan karakter yang dilandasi sistematik-integratif. (3) pelaksanaannya pendidikan karakter yang dilandasi pembiasaan, pengejewentahan dan integrasi. (4) pengawasannya pendidikan karakter dengan manajemen kontrol internal yaitu melalui pengawasan bertahap, melalui kegiatan dan eksternal yaitu dengan cara melibatkan wali peserta didik dan mengunjungi rumah. Implikasinya bagi lembaga mampu memberikan citra positif terhadap lembaga, mampu menjaga nama baik almamater, sedangkan bagi peserta didik Mampu beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, mencintai tanah air, menjaga lingkungan, memiliki sifat jujur, memiliki sikap disiplin, serta mampu menjaditeladan yang baik, sesuai harapan, kepuasan, kebanggaan dan kepercayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194015 Aris Munandar
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:55
Last Modified: 11 Jun 2022 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26043

Actions (login required)

View Item View Item