INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MTsN 3 TRENGGALEK)

ILHAM YAHYA ROMANDONI, 12201183399 (2022) INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MTsN 3 TRENGGALEK). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul “Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di MTsN 3 Trenggalek)” ini ditulis oleh Ilham Yahya Romandoni, NIM. 12201183399, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pandemi Covid-19 Problematika pembelajaran sebagai dampak dari Pandemi Covid-19, tentu tidak mudah dihadapi oleh seorang guru. Inovasi guru menjadi penting dalam menghadapi masalah Pandemi Covid-19. Masalah dalam pelaksanaan pembelajaran muncul, jika inovasi dari guru rendah. Inovasi guru sangat diperlukan selama Pandemi Covid-19 untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Bahkan guru yang kesulitan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran harus berlatih, sebagai aspek yang diperlukan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran. Guru perlu Inovatif dalam penyampaian materi melalui media pembelajaran, guru juga perlu menyesuaikan dengan jenjang pendidikan. Sehingga tuntutan guru Pendidikan Agama Islam untuk Inovatif sangat penting sebagai upaya dalam menanggulangi berhentinya proses pembelajaran ketika Pandemi Covid-19 yang dilakukan secara tatap muka terbatas di kelas. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengelolaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pandemi Covid-19 di MTsN 3 Trenggalek? (2) Bagaimana Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemilihan Media Belajar Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pandemi Covid-19 di MTsN 3 Trenggalek? (3) Bagaimana Dampak Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pandemi Covid-19 di MTsN 3 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengelolaan Pembelajaran dengan mempola proses pembelajaran yang diawali dengan sholat dhuha berjamaah dimasjid, dengan waktu kurang lebih 30 menit. Selanjutnya pembelajaran dilaksanakan didalam kelas yang diawali dengan do’a awal pembelajaran, absensi, penjelasan materi pelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam kepada siswa dengan bercerita, dan pada akhir pembelajaran berdo’a, kegiatan pembelajaran dikelas dilaksanakan kurang lebih 30 menit. Dimana untuk proses pembelajaran tatap muka terbatas hanya diikuti sebagian dari jumlah peserta didik di kelas. (2) Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemilihan Media Belajar mengkolaborasikan media berbasis Ilmu Teknologi dengan media pada umumnya. Dimana untuk media berbasis Ilmu Teknologinya E-Learning Madrasah dan WhatsApp Grup, sedangkan media pada umumnya Power Point. (3) Dampak Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran yaitu siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru Pendidikan Agama Islam, siswa semakin rajin dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa termotivasi untuk melakukan penelitian kajian literatur mengenai materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. (4) Hambatan Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran ialah siswa yang tidak mempunyai Handphone dan rumahnya sulit terjangkau sinyal untuk mengakses media berbasis Ilmu Teknologi, diberikan solusi dengan mengambil dan mengumpulkan tugas di Madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pandemi
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Student 12201183399 ILHAM YAHYA ROMANDONI
Date Deposited: 11 Jun 2022 04:08
Last Modified: 11 Jun 2022 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26061

Actions (login required)

View Item View Item