PENGARUH IKLIM, BIAYA PRODUKSI, DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI (Studi Kasus Petani Padi Desa Bulu Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk)

ISMA NUR ANGGRAINI, 12402173166 (2022) PENGARUH IKLIM, BIAYA PRODUKSI, DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI (Studi Kasus Petani Padi Desa Bulu Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh iklim, biaya produksi, dan harga jual terhadap pendapatan petani padi (studi kasus petani padi Desa Bulu Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk)” ini ditulis oleh Isma Nur Anggeaini FEBI IAIN Tulungagung, NIM. 12402173166, pembimbing Bapak Ahmad Budiman, M. S. I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Indonesia merupakan negara agraris, yang mana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Hal tersebut di dukung dengan luas lahan pertanian yang sanagat luas baik lahan pertanian berupa yang sudah disediakan alam maupun lahan pertanian buatan manusia. Maka tak heran banyak masyarakatnya yang bekerja sebagai petani, sehingga sektor yang mendukung perekonomian Indonesia adalah sektor pertanian. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pengaruh Iklim terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk? (2) Bagaimana pengaruh biaya produksi terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk? (3) Bagaimana pengaruh harga jual terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk? (4) Bagaimana pengaruh Iklim, biaya produksi, dan harga jual terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk? Tujuan penelitian (1) Untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari iklimterhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk (2) Untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari biaya produksi terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk (3) Untuk menguji dan mengetahui pengaruhdari harga jual terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk (4) Untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari Iklim, biaya produksi, dan harga jual terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik random sampling. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 petani padi desa Bulu KecamatanBerbek. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Iklim berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk. (2) Harga Jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk. (3) Biaya Produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk. (4) Iklim berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani petani padi desa Bulu Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk. Kata Kunci: Iklim, Biaya Produksi, Harga Jual dan Pendapatan Petani.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Harga
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Pendapatan
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173166 Isma Nur Anggraini
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:44
Last Modified: 14 Jun 2022 05:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26107

Actions (login required)

View Item View Item