PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021

EKA NIKMAHTUL JANAH, 12205173109 (2022) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Hasil Belajar di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2021” ini ditulis oleh Eka Nikmahtul Janah NIM 12205173109, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah S.Ag. M.Pd Kata Kunci: Metode Outdoor Study, Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Penelitian ini dilatar belakangi bahwa selama ini masih banyak yang belum menggunakan metode outdoor study, padahal metode ini sangat bagus untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Penggunaan metode outdoor study merupakan salah satu cara guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan kreatif dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar kognitif di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? 2. Adakah pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar afektif di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? 3.Adakah pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar psikomotorik di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung?. Adapun tujuannya untuk mengetahui ada pengaruh atau tidaknya metode outdoor study terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen pra eksperimen. Penelitian jenis eksperimen adalah suatu penelitian yang dirancang untuk mengetahui hubungan sebab akibat dengan lebih akurat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu, yang berjumlah 298 siswa. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Sampelnya yaitu kelas IV A berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol, Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes soal, tes praktik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu a) uji instrumen (validitas dan reliabilitas) b) uji prasarat (uji normalitas, uji liniaritas, dan uji homogenitas) c. Uji hipotesis (regresi linier sederhana). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar kognitif di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh thitung (5,186) > ttabel (2, 819) dan taraf sign. 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar afektif di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh thitung (6,382) > ttabel (2, 819) dan taraf sign. 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Terdapat pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar psikomotorik di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh thitung (3,794) > ttabel (2, 819) dan taraf sign. 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. ABSTRACT The thesis entitled “The Influence of Outdoor Study Method on Learning Outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung School Year 2021” was written by Eka Nikmatul Janah, Student Registered Number. 12205173109, Islamic Elementary School Departement, Faculty of Tarbiyah and Teaching Training, Advisor by Dr. Anissatul Mufarokah, S. Ag., M. Pd. Keywords : Outdoor Study Method, Kognitive, Afective and Psicomotorik Learning Outcomes. This research was motivated by there are some teacher not use outdoor study method, even though this method is better to increase learning outcomes maximally. The implementation of Outdoor Study Method is one teacher method to made active and creative learning atmoshere so that can influence to kognitif, affective and psicomotoric learning outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Problems in this research were (1) Is there the influence of outdoor study method on kognitive learning outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (2) Is there the influence of outdoor study method on affective learning outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (3) Is there the influence of outdoor study method on psicomotoric learning outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung?. The porpose of this research to know the influence of outdoor study method on kognitive, affective, and psicomotoric learning outcomes. This research uses a quantitative approach with a pre experimental type of experimental research. Experimental research is a study designed to find out causal relationships more accurately. The population in this study were all students at SDIT Al-Asror Ringinpitu, totaling 298 students. Sampling in this study used a cluster sampling technique. The sample is class IV A totaling 22 students and IV B totaling 24 students, class IV A as the experimental class and class IV B as the control class. The data collection technique uses test questions, practice tests, observations, interviews, and documentation. The data analysis used three tests, namely a) instrument test (validity and reliability) b) prerequisite test (normality test and linearity test) c. Test the hypothesis (simple linear regression). The results of the study indicate that: (1) There is the influence of outdoor study method on kognitive learning outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. There is a based on the simple regression test obtained tcount (5,186) > ttable (2, 819) and the level of sign. 0,000 < 0,05. So it can be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted. (2) There is the influence of outdoor study method on affective learning outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. There is a based on the simple regression test obtained tcount (6,382) > ttable (2,819) and the level of sign. 0,000 < 0,05. So it can be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted. (3) There is the influence of outdoor study method on psicomotoric learning outcomes at Islamic Elementary School Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. There is a based on the simple regression test obtained tcount (3,794) > ttable (2,819) and the level of sign. 0,000 < 0,05. So it can be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173109 EKA NIKMAHTUL JANAH
Date Deposited: 11 Jun 2022 06:30
Last Modified: 11 Jun 2022 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26124

Actions (login required)

View Item View Item