HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI SMP ISLAM TERPADU SUNAN KALIJAGA REJOSARI WONODADI BLITAR

MUFIDATUL AMALI R.L, 12201183419 (2022) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI SMP ISLAM TERPADU SUNAN KALIJAGA REJOSARI WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Kontrol Diri dengan Kedisiplinan Peserta Didik Program Kelas Tahfidz di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Mufidatul Amali R.L., NIM 12201183419, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Kontrol Diri, Kedisiplinan, Program Tahfidz Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengatur dan mengontrol dirinya dalam mengikuti program kelas tahfidz. Karena program ini dilaksanakan di waktu pagi dan seluruh peserta didik wajib tinggal di pondok pesantren, sehingga aktivitas pagi para peserta didik di pondok sangat berpengaruh terhadap jalannya kegiatan tahfidz ini. Umumnya permasalahan-permasalahan tersebut didominasi oleh faktor internal dari pribadi peserta didik. Dengan demikian, perlu adanya kontrol diri peserta didik agar menumbuhkan kedisiplinan sehingga peserta didik dapat mengikuti kelas tahfidz dengan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat kontrol diri peserta didik program tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana tingkat kedisiplinan peserta didik program kelas tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar? (3) Adakah hubungan antara kontrol diri dengan kedisiplinan peserta didik program kelas tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat kontrol diri peserta didik program kelas tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar. (2) Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik program kelas tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar. (3) Untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kedisiplinan peserta didik program kelas tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas bimbingan tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga yang berjumlah 159 anak dengan sampel penelitian sejumlah 40 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu disproportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi product moment dimana perhitungan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kontrol diri pada 40 peserta didik program kelas tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar sebagian besar berada di kategori sedang dengan persentase sebesar 72,5%. (2) Tingkat kedisiplinan 40 peserta didik program kelas tahfidz di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar sebagian besar berada di kategori sedang dengan persentase sebesar 60%. (3) Diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,612 maka terdapat korelasi yang kuat antara kontrol diri dengan kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti program kelas tahfidz di di SMP IT Sunan Kalijaga yakni berada pada kisaran 0,60-0,799 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat hubungan positif antara kontrol diri dengan kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti program kelas tahfidz di di SMP IT Sunan Kalijaga Rejosari Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183419 Mufidatul Amali R.L
Date Deposited: 16 Jun 2022 13:35
Last Modified: 16 Jun 2022 13:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26132

Actions (login required)

View Item View Item