FITROTUN NASROKAH, 12204183119 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA ROTARI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Triffinger Berbantuan Alat Peraga ROTARI Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Fitrotun Nasrokah (12204183119) Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si.,M.Pd Kata kunci : Model pembelajaran Triffinger Berbantuan alat peraga ROTARI, Motivasi belajar dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar khususnya dalam memahami pembelajaran matematika, akibatnya siswa menjadi kurang termotivasi untuk belajar dan hasil belajarnya cenderung kurang dari yang diharapakan. Dengan ini model pembelajaran triffinger atau disebut juga strategi dalam pembelajaran untuk mengembangkan suatu kreatifitas secara langsung digunakan sebagai model dalam pembelajarannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi belajar matematika materi trigonometri di kelas X SMAN 1 Rejotangan; (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri di kelas X SMAN 1 Rejotangan; (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi trigonometri di kelas X SMAN 1 Rejotangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Dengan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar dengan variabel bebasnya adalah model pembelajaran triffinger berbantuan alat peraga ROTARI. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa terdiri dari 34 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas X-MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan dua Tahap yaitu Uji Normalitas dan Uji homogenitas sedangkan analisis akhir menggunan Uji T dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi sesuai dengan hasil uji T diperoleh nilai signifikansi 0,022<0,05; (2) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap hasil belajar siswa sesuai dengan hasil uji T diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,05; (3) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi trigonometri sesuai dengan hasil uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai dari Pillai’ Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai sig. 0,001<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183119 FITROTUN NASROKAH |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 05:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 05:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26178 |
Actions (login required)
View Item |