PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA ROTARI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

FITROTUN NASROKAH, 12204183119 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA ROTARI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Triffinger Berbantuan Alat Peraga ROTARI Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Fitrotun Nasrokah (12204183119) Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si.,M.Pd Kata kunci : Model pembelajaran Triffinger Berbantuan alat peraga ROTARI, Motivasi belajar dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar khususnya dalam memahami pembelajaran matematika, akibatnya siswa menjadi kurang termotivasi untuk belajar dan hasil belajarnya cenderung kurang dari yang diharapakan. Dengan ini model pembelajaran triffinger atau disebut juga strategi dalam pembelajaran untuk mengembangkan suatu kreatifitas secara langsung digunakan sebagai model dalam pembelajarannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi belajar matematika materi trigonometri di kelas X SMAN 1 Rejotangan; (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri di kelas X SMAN 1 Rejotangan; (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi trigonometri di kelas X SMAN 1 Rejotangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Dengan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar dengan variabel bebasnya adalah model pembelajaran triffinger berbantuan alat peraga ROTARI. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa terdiri dari 34 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas X-MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan dua Tahap yaitu Uji Normalitas dan Uji homogenitas sedangkan analisis akhir menggunan Uji T dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi sesuai dengan hasil uji T diperoleh nilai signifikansi 0,022<0,05; (2) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap hasil belajar siswa sesuai dengan hasil uji T diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,05; (3) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga ROTARI terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi trigonometri sesuai dengan hasil uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai dari Pillai’ Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai sig. 0,001<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183119 FITROTUN NASROKAH
Date Deposited: 15 Jul 2022 05:00
Last Modified: 15 Jul 2022 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item View Item