NADZIF QULUBI, 12201183073 (2022) PERAN USTADZ DALAM MEMBINA HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-ROUDLOH LITAHFIIDZIL QUR'AN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Ustadz dalam Membina Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung” ditulis oleh Nadzif Qulubi, NIM. 12201183073 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Ustadz, Hafalan Al-Qur’an, Santri, Pondok Pesantren. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya lembaga pendidikan terutama Pondok Pesantren yang memfokuskan pembinaannya pada menghafal Al-Qur’an. Dalam proses menghafal Al-Qur’an, dibutuhkan adanya ustadz sebagai salah satu syarat akan transfer ilmu pengetahuan. Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung ini merupakan salah satu Pondok Pesantren yang memfokuskan pembinaan tahfidz 30 juz Al-Qur’an. Fokus peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah : (1) Bagaimana peran ustadz sebagai pembimbing hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung?. (2) Bagaimana peran ustadz sebagai motivator hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung?. (3) Bagaimana peran ustadz sebagai teladan hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan peran ustadz sebagai pembimbing hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran ustadz sebagai motivator hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peran ustadz sebagai teladan hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Peran ustadz sebagai pembimbing hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung yaitu menata niat, menguatkan komitmen, dan istiqomah. Metode yaitu membiasakan setiap hari menambah satu halaman. Metode tambahan yaitu metode tasmi’ dan Program Tahfin (Tahfidz Intensif). Istiqomah adalah penting. (2) Peran ustadz sebagai motivator hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung yaitu ustadz menghargai dan kagum terhadap santri yang memiliki sifat pejuang dan gigih dalam menghafal Al-Qur’an. Arahan dan motivasi berdasarkan karakteristik menghafal santri. Motivasi dengan mendorong santri untuk menyetorkan kembali beberapa halaman hafalan baru, kegiatan tasmi’, dan mengadakan kegiatan tahfin setiap liburan kuliah. Adanya evaluasi harian, bulanan dan tahunan. (3) Peran ustadz sebagai teladan hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Litahfiidzil Qur’an Tulungagung yaitu keteladanan seseorang tidak akan datang tanpa suatu kebiasaan. Memiliki karakter keteladanan sifat ketaqwaan yang baik kepada Allah, memiliki hafalan yang kuat (mutqin), memiliki karakter sebagai seeorang motivator, mampu melindungi dan menjaga para santri dari gangguan-gangguan luar, dan istiqomah. Kehadiran seorang ustadz sangat berpengaruh. Membiasakan diri untuk istiqomah murojaah hafalan Al-Qur’an, membiasakan sholat malam dengan satu juz Al-Qur’an setiap malam dan membaca juz yang hampir sama ketika ada majlis semaan Al-Qur’an. Usia muda digunakan untuk banyak membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183073 NADZIF QULUBI |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:36 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 04:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26220 |
Actions (login required)
View Item |