PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

SITI MAIMUNATUL MUNAWAROH, 12207183012 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (299kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Siti Maimunatul Munawaroh, NIM 12207183012, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.A.g., M.H.I., NIP 19690205 200312 1 005. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah dan Kualitas Kinerja Guru Peran kepala sekolah dalam suatu lembaga pendidikan sangatlah penting. Kepala sekolah merupakan bagian dari penentu mutu pendidikan. Keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola semua komponen yang ada di dalam sekolah, utamanya guru. Kepala sekolah sebagai pemimpin bertanggung jawab dalam membina dan mengembangkan kinerja guru. Dengan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru diharapkan guru-guru dapat mencetak output yang cerdas, kreatif dan inovatif, serta dapat mencapai tujuan pendidikan. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Srengat Blitar? 2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Srengat Blitar? 3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Srengat Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Srengat Blitar 2) Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Srengat Blitar 3) Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan pola interaktif Milles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin, kepala SMA Negeri 1 Srengat Blitar mampu menjadi teladan yang baik bagi guru-guru. Selain itu, beliau juga menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, mampu membangun komunikasi efektif dan juga rutin memberikanarahan bagi guru-guru melalui rapat dinas. Kedua, upaya kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas kinerja guru yaitu memberdayakan sumber daya yang ada dengan memberikan kesempatan bagi guru-guru untuk mengajar sesuai bidang kualifikasinya. Kepala sekolah juga mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan seperti diklat, workshop, IHT dan MGMP. Dari berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut guru-guru merasakan adanya progress dalam diri mereka dan tidak lupa bapak kepala sekolah memberikan apresiasi kepada guru-guru yang berprestasi. Ketiga, dalam rangka melaksanakan peranya sebagai supervisor, kepala SMA Negeri 1 Srengat Blitar dibantu oleh guru-guru senior untuk melaksanakan supervisi akademik. Sementara itu untuk melaksanakan supervisi administrasi, kepala sekolah akan melihat satu persatu laporan dari bapak/ibu guru untuk diperiksa dan kemudian beliau tanda tangani. Selanjutnya, jika ditemukan guru yang bermasalah atau memiliki masalah, maka kepala SMA Negeri 1 Srengat Blitar akan memberikan solusi berdasarkan hasil dari observasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183012 SITI MAIMUNATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 17 Jun 2022 13:13
Last Modified: 17 Jun 2022 13:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26261

Actions (login required)

View Item View Item