NURUL AINI, 12201183118 (2022) PERAN KYAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Huda Kab. Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (317kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (276kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
Abstract
Nurul Aini, NIM. 12201183118. Peran Kyai Dalam Membentuk Karakter Bangsa (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Huda Kab. Blitar). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Peran Kyai, Karakter Bangsa (Religius, Tanggung Jawab, Disiplin, Peduli Lingkungan) Pondok pesantren memiliki akar budaya yang kuat dalam kehidupan masyarakat di Indonesia khususnya bagi umat muslim. Lembaga pendidikan pondok pesantren bertujuan untuk membimbing anak didik agar menjadi insan yang berkepribadian baik dalam masyarakat sekitar melalui ilmu dan amalnya yang langsung diasuh oleh sosok kyai. Pondok pesantren Nurul Huda Kab. Blitar merupakan salah satu lembaga yang didalamnya terdapat sosok kyai. Peran Kyai dalam pesantren sangatlah berpengaruh dengan pembentukan karakter santri, Kyai berperan sebagai tokoh sentral yang dijadikan panutan oleh para santri dalam keseharian mereka. Pembentukan karakter santri perlu adanya pembinaan langsung maupun tidak langsung dari sosok Kyai dalam sebuah pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran kyai sebagai pendidik dalam membentuk karakter bangsa di pondok pesantren Nurul Huda Kab. Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peran kyai sebagai pengasuh dalam membentuk karakter bangsa di pondok pesantren Nurul Huda Kab. Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peran kyai sebagai penghubung masyarakat dalam membentuk karakter bangsa di pondok pesantren Nurul Huda Kab. Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kyai, santri, ustadz/ustadzah, masyarakat. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian, Pertama, peran Kyai sebagai pendidik dalam membentuk karakter bangsa sedang dijalankan di Pondok Pesantren Nurul Huda Kab. Blitar. Pembentukan karakter yang ditanamkan pada santri adalah karakter religius. Adapun implementasi peran Kyai sebagai pendidik dalam membentuk karakter religius santri tersebut yaitu diimplementasikannya sholat fardhu secara berjamaah, pelaksanaan kegiatan pembacaan yasin fadhilah dan tahlilan, pelaksanaan kegiatan membaca (tadarus) Al-Qur’an setiap hari, pelaksanaan kegiatan pembacaan wirdul latif dan ratib shahir, dan pelaksanaan kegiatan sorogan kitab kuning. Kedua, peran Kyai sebagai pengasuh dalam membentuk karakter bangsa sedang dijalankan di Pondok Pesantren Nurul Huda Kab. Blitar. Peran Kyai sebagai pengasuh yaitu Kyai berperan sebagai pengganti orang tua yang mampu merawat, menjaga, mengasuh, dan mendidik santri agar memiliki karakter yang baik, pembentukan karakter yang ditanamkan pada santri adalah karakter disiplin dan tanggung jawab. Adapun implementasi dari peran Kyai sebagai pengasuh tersebut yaitu diimplementasikannya kegiatan pembacaan istighosah, pelaksanaan kegiatan pembacaan maulid diba’, pelaksanaan kegiatan muhadhoroh, pelaksanaan makan dan mandi santri yang dilakukan secara antre. Ketiga, peran Kyai sebagai penghubung masyarakat dalam membentuk karakter bangsa sedang dijalankan di Pondok Pesantren Nurul Huda Kab. Blitar. Pembentukan karakter yang ditanamkan pada santri adalah karakter peduli lingkungan baik didalam maupun diluar lingkungan pondok pesantren. Adapun implementasi peran tersebut yaitu diimplementasikannya kegiatan ro’an (kerja bakti) di lingkungan dalam dan sekitar pesantren, dan pelaksanaan kegiatan Ekotren (Ekonomi Pesantren).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183118 NURUL AINI |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 15:10 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 15:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26269 |
Actions (login required)
View Item |